Norwegia Catat 50 Kasus Varian Omicron dalam Klaster Pesta Natal

0
27

Novi Christiastuti – detikNews
Sabtu, 04 Des 2021 09:21 WIB

Oslo – Sedikitnya 50 orang di dalam dan sekitar kota Oslo, Norwegia, telah terinfeksi varian baru virus Corona (COVID-19), Omicron. Kasus-kasus varian Omicron itu diduga terkait sebuah pesta Natal yang digelar sebuah perusahaan energi di salah satu restoran di Oslo.
Seperti dilansir Associated Press, Sabtu (4/12/2021), Institut Kesehatan Umum Norwegia menyatakan bahwa orang-orang yang terinfeksi varian Omicron diketahui tinggal di Oslo dan sekitarnya.

“Tim pendeteksi infeksi di Oslo telah menghubungi wilayah-wilayah terkait untuk memulai pendeteksian infeksi,” sebut Institut Kesehatan Umum Norwegia dalam pernyataannya.

Disebutkan juga bahwa ada ‘cakupan vaksinasi yang tinggi’ dalam kelompok tersebut. Institut Kesehatan Umum Norwegia menyatakan bahwa secara keseluruhan ada ‘lebih dari 50 kasus’ yang tercatat di Norwegia.

“Lebih banyak kasus diperkirakan. Pelacakan yang efektif sedang dilakukan untuk membatasi rute penularan dan mencegah wabah besar,” demikian pernyataan otoritas kota Oslo.

Puluhan kasus varian Omicron itu diduga terkait sebuah pesta Natal yang digelar oleh sebuah perusahaan energi bernama Scatec pada 26 November lalu dan dihadiri sekitar 120 orang.

Dalam pernyataan terpisah, seperti dilansir Reuters, dokter senior pada Institut Kesehatan Publik Norwegia, Peben Aavitsland, menggambarkan pesta itu sebagai ‘acara superspreader’ Corona. Lebih dari separuh tamu yang hadiri dalam pesta itu dinyatakan positif Corona.
“Pesta ini telah menjadi acara superspreader,” ucap Aavitsland kepada Reuters.

Disebutkan bahwa perusahaan yang menggelar pesta itu juga beroperasi di Afrika Selatan — lokasi awal terdeteksinya varian Omicron — dan salah satu pegawai perusahaan itu diketahui baru saja kembali dari Afrika Selatan.

Meski menjadi lokasi penularan Corona, semua tamu yang hadir dalam pesta Natal itu telah divaksinasi Corona secara penuh dan dinyatakan negatif Corona sebelum hadir. Otoritas kesehatan setempat menambahkan bahwa mereka yang terinfeksi varian Omicron sejauh ini menunjukkan gejala ringan dan tidak ada yang harus dirawat di rumah sakit.

Otoritas kota Oslo mendorong orang-orang yang mengunjungi dua restoran di Oslo, yang salah satunya menjadi lokasi digelarnya pesta Natal itu, untuk menjalani tes Corona.

Pihak Scatetc menyatakan telah mematuhi panduan pandemi dari otoritas setempat dan kini fokus mengurusi para pegawainya yang terinfeksi serta turut membatasi penyebaran virus.

Wabah terbaru ini mendorong pemerintah Norwegia memberlakukan kembali langkah-langkah pembatasan Corona. Di berbagai wilayah Eropa, perusahaan-perusahaan membatalkan pesta Natal akibat penyebaran varian Omicron.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here