Momen Terakhir Rachmawati Ziarah ke Makam Soekarno di Blitar

0
40
Rachmawati Soekarnoputri di Makam Bung Karno (Foto: Erliana Riady/detikcom)

Erliana Riady – detikNews

Sabtu, 03 Jul 2021 09:52 WIB

Blitar – Rachmawati Soekarnoputri meninggal dunia terinfeksi virus COVID-19. Inilah momen terakhir putri Presiden RI 1 saat berziarah ke makam sang ayahanda di Blitar.

Rachmawati terakhir berziarah ke Makam Bung Karno (MBK) pada Kamis sore (17/6/2021). Kedatangan Rachma disambut rintik hujan dengan upacara kemiliteran yang dipimpin Kaposahli Pangdam V/Brawijaya Brigjen TNI Bagus Budianto.

Didorong menggunakan kursi roda, Rachma berpakaian hitam-hitam dan memakai baret biru POM AD, Rachmawati yang juga menjabat di jajaran Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Gerindra itu tiba di kompleks Makam Bung Karno, Kelurahan Bendogerit sekitar pukul 15.15 WIB.

Ziarah dilakukan secara tertutup. Wartawan dilarang masuk ke areal cungkup, hanya bisa melihat dari jarak sekitar 20 meter. Tampak sebelah kanan, di atas kursi roda Rachma mengambil sikap hormat di depan cungkup makam sang ayah. Sementara di sebelah kiri, Kaposahli Pangdam V/Brawijaya Brigjen TNI Bagus Budianto berdiri tegap sikap hormat kemiliteran.

Usai berziarah, Rachmawati menyempatkan diri mengunjungi Perpustakaan Nasional Bung Karno yang terletak dalam satu kompleks dengan Makam Bung Karno. Bahkan, Brigjen TNI Bagus Budianto yang mendorong kursi roda Rachma berkeliling melihat koleksi lukisan BK.https://imasdk.googleapis.com/js/core/bridge3.470.1_id.html#goog_1277005906https://imasdk.googleapis.com/js/core/bridge3.470.1_id.html#goog_1945624471

“Kebetulan, ini berkaitan dengan HUT POMAD tanggal 22 nanti, jadi sekalian berziarah bareng ke sini,” ujarnya kepada detikcom ketika keluar dari Perpusnas BK, Kamis sore (17/6/2021).

Rachmawati mengatakan, lantaran masih dalam situasi pandemi, dirinya tidak akan bisa menghadiri acara Haul Bung Karno di Kota Blitar pada 21 Juni nanti.

“Saya sejak tahun 1970-an setiap tahun, setiap Haul, saya selalu ke sini. Tapi ini masih pandemi begini,” ujarnya.

Saat ditanya wacana Puan Maharani – Prabowo Subianto sebagai calon presiden dan wakil presiden 2024, Rachmawati Soekarnoputri menolak memberikan komentar.

“Karena masih lama, no comment,” ujarnya singkat.

Dia juga menampik jika kehadiran sejumlah pejabat TNI AD pada acara ziarah itu berkaitan dengan posisi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang juga menjabat sebagai Menteri Pertahanan.

“Tidak ada hubungannya sama sekali. Kami menghormati beliau, sangat hormat,” pungkas Brigjen TNI Bagus Budianto menimpali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here