Masyarakat Diminta Waspadai Potensi Cuaca Ekstrem pada Januari 2024

0
26

Pada 3 hingga 10 Januari 2024, perlu diwaspadai potensi hujan lebat.

Kamis 04 Jan 2024 07:11 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan potensi cuaca ekstrem masih akan terjadi pada Januari 2024. Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto, mengatakan BMKG terus melakukan pembaruan monitoring kondisi cuaca untuk mengantisipasi peningkatan cuaca ekstrem.

“Dan berdasarkan analisis terkini, diidentifikasi hingga sepekan ke depan terdapat kondisi dinamika atmosfer yang memicu adanya potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah,” kata dia dikutip dari keterangan resmi, Kamis (4/1/2024). 

Dengan memperhatikan kondisi dinamika atmosfer tersebut, maka untuk sepekan ke depan atau tepatnya sekitar 3 hingga 10 Januari 2024, perlu diwaspadai potensi hujan lebat di sebagian wilayah. Sejumlah wilayah itu antara lain, Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Kepulauan Bangka Belitung, Sumatra Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur.  

Selain itu di sebagian wilayah Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Sulawesi Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua. Sedangkan di Jabodetabek, pada siang hingga menjelang malam hari, perlu diwaspadai potensi hujan intensitas hingga lebat di sebagian wilayah Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Depok, Kab. Bogor, Kota Bogor, Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang bagian selatan dan Kabupaten Bekasi bagian selatan.

Pada malam hingga dini hari, perlu diwaspadai potensi hujan intensitas hingga lebat di sebagian wilayah Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Timur bagian utara, Jakarta Barat bagian utara, Kabupaten Bekasi bagian utara dan Kabupaten Tangerang bagian utara.

BMKG mengimbau masyarakat dan instansi terkait agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem berupa hujan sedang hingga lebat yang disertai dengan kilat atau petir dan angin kencang hingga sepekan ke depan. Khusus untuk daerah bertopografi curam/bergunung/tebing atau rawan longsor dan banjir agar tetap waspada terhadap dampak yang ditimbulkan akibat cuaca ekstrem.

Hal itu seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, jalan licin, pohon tumbang dan berkurangnya jarak pandang. Informasi prakiraan dan peringatan dini cuaca yang lebih detail untuk potensi hujan lebat hingga *level kecamatan* dapat diakses lebih lengkap di apps @InfoBMKG dan website https://bmkg.go.id.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here