Mantap! Tahun Depan Transfer Duit ke Luar Negeri Bisa Pakai BI Fast

0
132

Herdi Alif Al Hikam – detikFinance
Selasa, 28 Mar 2023 10:53 WIB

Nusa Dua – Bank Indonesia menyatakan transaksi keuangan pembayaran cepat atau fast payment bakal bisa digunakan di luar negeri tahun depan. Sejauh ini di Indonesia sendiri transaksi fast payment diimplementasikan melalui BI Fast.
Dengan BI Fast transfer uang antar rekening hanya butuh biaya sebesar Rp 2.500. Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo implementasi fast payment antar negara dilakukan sebagai solusi dari masalah mahalnya transaksi keuangan antar negara.

“Tahun 2024 kita akan gunakan BI Fast, kalau transfer sekarang sudah Rp 2.500, sudah cepat, nanti kita bisa lakukan itu dengan negara lain,” ungkap Dody saat melakukan media briefing di Hotel Hilton Nusa Dua, Bali, Senin (27/3/2023) kemarin.

Indonesia sendiri, menurut Dody sudah sepakat melakukan konektivitas dan integrasi transaksi keuangan dengan beberapa negara di kawasan Asean. Mulai dari Thailand, Malaysia, Singapura, Filipina. Konektivitas ini nantinya akan berbentuk sistem pembayaran cepat juga.

Namun sampai saat ini yang sedang dilakukan adalah mengintegrasikan pembayaran antar negara dengan menggunakan QR atau yang diluncurkan BI bernama QRIS. Hal itu sudah diterapkan di Thailand, beberapa negara lainnya akan menyusul. Setelah itu baru lah konektivitas pembayaran cepat dilakukan.

“Kita awali tahun-tahun ini dengan QR, jadi QR baru kita sandingkan dengan Thailand. Kita sudah sepakat gabungkan antara global payment, connectivity dan dengan penggunaan LC,” ungkap Dody.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here