Magis Batu Goong di Ciamis yang Disebut Tak Bisa Dipindahkan

0
21
Foto: Batu Goong di Ciamis yang memiliki aura magis (Dadang Hermansyah/detikcom).

Dadang Hermansyah – detikNews

Jumat, 02 Jul 2021 10:04 WIB

Ciamis – Ada sebuah batu unik di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Namanya Batu Goong yang berada di Lingkungan Lebak, Kelurahan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Konon batu ini punya aura magis dan tidak mau dipindahkan.

Batu tersebut berada di kebun bambu tidak jauh dari bantaran Sungai Cileueur. Disebut Batu Goong karena bentuknya yang menyerupai alat musik gamelan yakni Goong kecil, bentuknya bulat berdiameter sekitar 30 sentimeter dan ada bulatan kecil di tengahnya. Menurut warga setempat, batu tersebut ditemukan di Sungai Cileueur.

Batu Goong di Ciamis yang memiliki aura magis Foto: Dadang Hermansyah

“Waktu itu ada perbaikan bendungan yang jebol oleh prajurit Zipur. Ketika perbaikan itu, komandan kompi bernama pak Nyoman menemukan batu unik ini, lalu diambil ke atas dan disimpan disini. Kejadiannya sudah lama sekali, memang bentuknya mirip Goong,” ujar Suryadi (76) warga setempat, Jumat (2/7/2021).

Konon Batu Goong ini memiliki aura magis. Menurut Suryadi, dulu ada warga yang sering bawa orang untuk mencari nomor (togel) di Batu Goong tersebut. Namun sekarang sudah tidak ada lagi, karena warga tersebut sudah meninggal dunia.

Kekuatan magis lainnya dari Batu Goong ini konon tidak mau dipindahkan. Ketika ada orang yang dari museum bermaksud akan memindahkan Batu Goong itu karena memiliki keunikan dan diduga memiliki nilai sejarah. Tapi saat pegawainya menggali ternyata orang tersebut malah sakit, sehingga proses pemindahannya tidak diteruskan.

Keanehan itu dibenarkan warga lainnya, Nono Nuryono, mengatakan setelah kejadian itu akhirnya batu tetap pada posisi semula. Warga pun tidak ada yang berani memindahkan Batu Goong tersebut.

“Sebelum berhasil mengangkat batu, malah sakit seperti orang yang kerasukan. Pada akhirnya batu goong masih tidak bergerak. Namun, warga setempat tetap menjaganya dari tindakan kejahatan yang ingin mengambil batu goong,” kata Nono.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here