Kasus COVID-19 Melonjak, Khofifah: Saatnya Tarik Rem dengan PPKM Darurat

0
18
Gubernur Khofifah (Foto file: Faiq Azmi/detikcom)

Faiq Azmi – detikNews

Jumat, 02 Jul 2021 10:10 WIB

Surabaya – Kasus positif COVID-19 di Jawa Timur terus melonjak. Hingga dua hari terakhir, memecahkan angka terbesar selama pandemi di Jatim.

Gubernur Khofifah Indar Parawansa menggelar rakor persiapan pelaksanaan PPKM darurat di Jatim. Menurut Khofifah, kini saatnya menginjak rem dengan PPKM darurat.

“PPKM Darurat sesuai instruksi Presiden Jokowi ini menjadi harapan besar bagi kita untuk menekan penyebaran kasus Covid-19 di Jawa Timur. Karenanya, koordinasi dan sinergi terkait pelaksanaan PPKM Darurat dengan berbagai pihak terkait harus terus dilakukan. Saatnya tarik rem dengan PPKM darurat,” ujar Khofifah, dalam keterangannya, Jumat (2/7/2021).

Khofifah menjelaskan berdasar data yang ada, kasus COVID-19 di Jatim mengalami peningkatan yang signifikan. Bahkan di bulan Juni, Jatim telah melakukan ekspansi besar-besaran ICU Isolasi dari 850 bed menjadi 1.219 bed, dan Isolasi dari 7.110 bed menjadi 12.515 bed.

Meski begitu, lanjut Khofifah, dalam mengatasi lonjakan kasus COVID-19 ini, penanganan di hilir saja tidak cukup. Untuk itu, perlu ditarik rem darurat untuk menghentikan penyebaran kasus COVID-19 melalui pembatasan mobilitas sosial, dan pilihannya adalah PPKM darurat.

Mantan Mensos RI ini menegaskan, sembari pihaknya menyiapkan teknis PPKM darurat yang akan diatur di Inmendagri, tiap daerah di Jatim diharapkan mampu melakukan percepatan proses vaksinasi. Di mana, berdasar kalkulasi dan breakdown yang diharapkan Presiden Jokowi dan Menkes, agar tercapai target 2 juta orang divaksin per-hari.

“Kami dapatkan bahwa satu kabupaten/kota di Jatim memiliki target rentang antara 10-50 ribu vaksinasi/hari. Mohon para bupati/wali kota memperhatikan dan berusaha semaksimal mungkin mencapai breakdown target per kabupaten/kota ini,” tambahnya.

Dia menambahkan, jajaran Forkopimda Jatim terus berkoordinasi melalui virtual untuk merumuskan strategi yang efektif, serta berbagi tugas agar PPKM darurat dapat berjalan efektif. Secara khusus juga digelar rakor dengan Forkopimda Kabupaten/Kota.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here