MA Plus Nurul Ummah Tingkatkan Kualitas Life-Skill Siswa

0
313
Para Siswa Kelas XI MA Plus Nurul Ummah sedang berlatih meningkatkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris

Syarif-i60news

Minggu, 31 Okt 2021 20:24 WIB

BOGOR-Menghadapi era informasi dan komunikasi yang begitu pesat. Kebutuhan akan Keterampilan Hidup (Life-Skill) tidak dapat dihindari lagi. Hal tersebut dikarenakan persaingan hidup dan persaingan dunia kerja yang sangat ketat dan kompetitif.  Oleh karena itu setiap individu hendaknya mempersiapkan diri untuk mengahdapi persaingan tersebut secara open-minded (berfikiran terbuka dan luas).

Salah satu keterampilan hidup (Life Skill) yang harus dikuasai, yaitu Keterampilan Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris. Adalah MA Plus Nurul Ummah yang berdiri sejak tahun 1983 dan sejak di bawah kepemimpinan Bapak Yudi Saepul Rizal, M.Pd, pada tahun 2017 predikat MA Plus menjadi selling value (nilai jual) pendidikan MA Plus Nurul Ummah berangsur lebih baik dari tahun ke tahun.

Oleh karena itu, MA Plus Nurul Ummah selalu berusaha untuk berbenah diri dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikannya, baik itu peningkatan kualitas Akhlak para anak didik, Spiritual, Mental dan Kongnitif serta Keterampilan Hidup mereka. Semua itu selalu dipersiapkan, ditingkatkan dan dievaluasi dalam rangka mempersiapkan generasi Khairu Ummah yang mampu menghadapi dan menjawab tantangan zaman.

Salah satu keterampilan hidup yang terus dipersiapkan dan ditingkatkan oleh MA Plus Nurul Ummah yaitu, Keterampilan Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris (Life Skill Communication in English) dalam bentuk praktik dan pemaparan (practice and exposure).  Keterampilan yang satu ini tentunya merupakan suatu keniscayaan mengingat Bahasa Inggris adalah Bahasa transaksional dan komunikasi dunia.

Para siswa tidak hanya dipersiapkan untuk menghadapi dunia kerja, akan tetapi lebih dari itu bahwa mereka harus memahami bahwa Bahasa Inggris dan Bahasa apa pun yang dipelajari adalah alat untuk Dakwah dan Syiar Islam khususnya kepada mereka yang Bahasa ibunya/pertama (Mother Tongue) adalah bahasa Inggris atau bagi mereka yang memahami bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi dunia.

Walaupun MA Plus Nurul Ummah bukanlah sekolah berbasis asrama (Boarding School), akan tetapi pembiasaan untuk berkomunikasi sudah mulai ditanamkan dan dibiasakan semaksimal mungkin dan semampu mungkin dengan segala keterbatasan dan potensi yang ada. Dimulai dari ungkapan-ungkapan sederhana, pembiasaan untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris mulai diterapkan khususnya selama hari pembelajaran bahasa Inggris berlangsung.

Dengan pembiasaan positif tersebut diharapkan akan berubah menjadi kebiasaan positif pula dan pada akhirnya nanti akan menjadi bekal positf bagi para siswa MA Plus Nurul Ummah ketika mereka sudah lulus nantinya. (Sy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here