Klaten Siapkan Isolasi Corona Terpusat Khusus Ibu Hamil-Menyusui

0
16
Bupati Klaten Sri Mulyani. (Foto: Manik Priyo Prabowo/detikcom)

Achmad Syauqi – detikNews

Rabu, 04 Agu 2021 10:27 WIB

Klaten – Satgas Percepatan Pengendalian COVID-19 Kabupaten Klaten, Jawa Tengah menyiapkan lokasi isolasi Corona atau COVID-19 terpusat khusus untuk ibu hamil dan menyusui. Hal ini dilakukan karena meningkatnya kasus ibu hamil dan menyusui yang terjangkit virus Corona.

“Laporan ada, bahwa banyak ibu hamil dan menyusui yang positif COVID. Kami tetap harus memisahkan dengan keluarga lain, kalau diisolasi bersama lainnya kan takut,” jelas Ketua Satgas Percepatan Pengendalian COVID-19 Kabupaten Klaten, Sri Mulyani yang juga ketua Satgas Corona kepada wartawan, Rabu (4/8/2021).

Mulyani menjelaskan tidak mungkin mencampur lokasi isolasi ibu hamil dan menyusui dengan pasien umum. Ditambah dengan perawatan bayi yang dibawa para ibu tersebut membutuhkan perawatan khusus.

“Kalau dicampur di GOR atau Panti Semedi kan tidak mungkin, karena ada bayi. Bisa takut atau bayi dikhawatirkan stunting karena tidak dirawat dengan baik,” sambung Mulyani.

Lokasi yang disiapkan untuk isolasi terpusat ibu hamil dan menyusui di Klaten terletak di Edotel. Semula, terang Mulyani, Edotel merupakan lokasi isolasi terpusat umum.

“Ada tambahan 10 kamar yang ada di samping. Sekda sudah komunikasi dengan sekolah, gedung di sampingnya akan dipakai,” sebut Mulyani.

Saat ini, ungkap Mulyani, kondisi pandemi Corona di Klaten belum baik meskipun jumlah kasusnya sudah menurun.

Sekda Klaten, Jaka Sawaldi menambahkan akan menambah belasan bed untuk isolasi khusus ibu hamil dan menyusui di Edotel.

“Kalau hamil naik turun tangga tidak mungkin. Jadi di lantai bawah, nanti kita siapkan 12 bed lagi tambahan dari yang sudah ada 38 bed,” kata Jaka Sawaldi pada wartawan hari ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here