Kisah Wanita India Punya Kista di Kepala, Berisi Rambut dan Gumpalan Lemak

0
94

Suci Risanti Rahmadania – detikHealth
Kamis, 27 Jul 2023 08:02 WIB

Jakarta – Seorang wanita di India memiliki kista sepanjang 15 cm di kepalanya berisi rambut dan banyak gumpalan seperti lemak. Kasus tersebut diterbitkan dalam Jurnal Radiological Society of North America (RSNA).
Dalam jurnal tersebut, terlihat hasil rontgen yang menunjukkan kedalaman massa tanpa rasa sakit yang bersarang di kulit kepalanya.

Wanita berusia 52 tahun tanpa disebutkan identitasnya itu mengaku kepada dokter bahwa kista tersebut telah tumbuh perlahan sejak dirinya masih kecil. Namun, ia tak pernah berusaha mencari perawatan untuk mengobatinya.

Dokter mengatakan pertumbuhan jaringan abnormal yang ditemukan bersembunyi di dalam kista memiliki ‘beragam variasi ukuran’ dan menyerupai ‘karung kelereng’.

“Kasus ini tidak biasa,” demikian kata dokter di Sri Sathya Sai Institute of Higher Medical Sciences sekaligus penulis jurnal tersebut.

Saat sampai di RS, wanita itu langsung menjalani pemindaian MRI yang menunjukkan massa berukuran panjang 15 cm, lebar 10 cm, dan tinggi 12 cm di kepalanya. Ia pun menjalani operasi pengangkatan kista tersebut.

Setelah operasi, petugas medis menemukan kista berisi molekul mirip lemak, keratin berbentuk bola atau protein yang membantu membentuk rambut, kuku, dan lapisan luar kulit, serta rambut yang mengambang dalam cairan.

“Molekul memiliki pinggiran luar yang tebal”, kata petugas medis.

Pemeriksaan mikroskopis jaringan tersebut kemudian memastikan bahwa itu adalah kista dermoid atau dikenal secara medis sebagai teratoma kistik matur. Menurut National Health Service UK (NHS), kista dermoid yang tidak bersifat kanker biasanya berkembang dari sel embrionik yang mengandung rambut, cairan, gigi, atau, kelenjar kulit.

Ini berarti sel memiliki semua yang dibutuhkan untuk berubah menjadi salah satu dari beberapa jenis jaringan.

Sampai saat ini dokter masih belum mengetahui secara pasti terkait penyebab kista tersebut tumbuh pada kepala wanita itu.

Petugas medis juga memantau perkembangan wanita itu dalam enam bulan setelah pengangkatan kista.

‘Tidak ada pengulangan’ dari massa yang ditemukan selama periode ini,” catat mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here