Kereta Api Relasi Cepu-Surabaya Tabrakan dengan Truk di Lamongan

0
43
Lintasan kereta api (ilustrasi). Kereta api ekonomi lokal relasi Cepu-Surabaya Pasarturi pada Rabu (9/3/2022) pukul 06.37 WIB bertabrakan dengan truk di perlintasan sebidang di wilayah Kabupaten Lamongan, Provinsi Jawa Timur.

Rabu 09 Mar 2022 14:34 WIB

Red: Nur Aini

Kecelakaan kereta vs truk menyebabkan masinis terluka dan lokomotif rusak

REPUBLIKA.CO.ID, LAMONGAN — Kereta api ekonomi lokal relasi Cepu-Surabaya Pasarturi pada Rabu (9/3/2022) pukul 06.37 WIB bertabrakan dengan truk di perlintasan sebidang di wilayah Kabupaten Lamongan, Provinsi Jawa Timur. Kecelakaan itu menyebabkan masinis terluka dan lokomotif rusak sehingga lokomotif pengganti harus didatangkan untuk melanjutkan perjalanan kereta api.

“Kami mohon maaf kepada pelanggan kereta api yang terdampak kejadian tersebut, sebab belum dapat melanjutkan perjalanan karena lokomotif dalam kondisi rusak parah dan masinis terluka,” kata Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif.

Lukman mengatakan bahwa PT KAI Daop 8 Surabaya sudah menurunkan petugas untuk mengevakuasi masinis yang terluka. KAI juga mengerahkan mobil derek untuk mengevakuasi truk yang terseret kereta, serta melakukan pengaturan pola operasi agar perjalanan kereta api selanjutnya tidak terganggu.

Lukman menekankan pentingnya para pengguna jalan menaati ketentuan dalam Undang-Undang Nomor 23 tahun 2007 tentang perkeretaapian dan Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan untuk mendahulukan perjalanan kereta api saat melalui perlintasan sebidang.  Ia mengemukakan bahwa ketidakdisiplinan pengguna jalan sering menyebabkankecelakaan di perlintasan sebidang.

Menurut dia, sejak Januari hingga Februari 2022 ada 17 kejadian kecelakaan di perlintasan sebidang yang meliputi enam kecelakaan yang melibatkan kereta api dan kendaraan serta 11 kecelakaan yang melibatkan kereta api dan pejalan kaki.

“KAI berharap seluruh pihak dapat proaktif dan bersama-sama menjalankan tugas sesuai kewenangan masing-masing untuk meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api maupun para pengguna jalan,” kata Luqman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here