Kasus Mafia Tanah Dino Patti Djalal, Pengacara: Fredy Kusnadi Dijemput Polisi

0
68
Fredy Kusnadi didampingi pengacaranya, Tonin Tachta Singarimbun, saat melaporkan Dino Patti Djalal ke Bareskrim. (Dyas/detikcom)

Yogi Ernes – detikNews

Jumat, 19 Feb 2021 13:36 WIB

Jakarta – Fredy Kusnadi, sosok yang disebut oleh mantan Wamenlu Dino Patti Djalal sebagai mafia tanah, ditangkap polisi. Fredy Kusnadi dijemput paksa dari rumahnya di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat.

Hal itu diungkap oleh pengacaranya, Tonin Tachta Singarimbun. Tonin menyebut Fredy Kusnadi dijemput di rumahnya di Jalan Keran, Kemayoran, Jakarta Pusat, pada pukul 03.30 WIB tadi.

“Dijemput di rumahnya di Jalan Keran, Kemayoran. Tadi yang jemput oleh Tim Subdit Jatanras, jadi waktu di rumah keluarga tahunya yang jemput Unit IV, ternyata Subdit IV Jatanras. Tadi saya sudah bertemu Kanitnya,” kata Tonin saat dihubungi detikcom, Jumat (19/2/2021).

Tonin mengatakan polisi menangkap Fredy Kusnadi atas dasar keterangan tersangka lainnya. Para tersangka yang sudah ditangkap menyebut keterlibatan Fredy Kusnadi.

“Karena tersangka lainnya katanya menyebut ‘Fredy… Fredy… Fredy…’ gitu lho. Jadi berdasarkan keterangan orang. Harusnya kan tanya dulu apa benar keterangan orang ini. Itu kan versi dia, versi klien saya lain lagi. Apa ini tekanan dari anaknya (Dino Patti Djalal) melapor di mana-mana?” katanya.

Tonin mengaku sudah bertemu dengan kliennya di Polda Metro Jaya. Dia juga menyebut Fredy Kusnadi diperiksa kesehatan dan diberi obat.

“Dibilang sehat, tapi dikasih obat. Nanti saya fotokan obatnya sama suratnya,” imbuhnya.

Tonin mengaku belum mengetahui Fredy Kusnadi ditangkap atas perkara apa. Namun, menurutnya, penyidik yang menjemput Fredy Kusnadi ini menangani perkara Pasal 263 KUHP tentang pemalsuan dokumen.

“Kalau Unit V kan yang dilaporkan karena (Pasal) 263 rumah yang dia tempati. Rumah yang dia beli itu, yang dibilang dia beli rumah di Antasari atas nama Yusminawati,” katanya.

Sebelumnya, Dino Patti Djalal memang bersuara soal Fredy Kusnadi di media sosial. Dino Patti Djalal menyebut Fredy Kusnadi sebagai dalang mafia tanah.

Terbaru, Dino Patti Djalal kini menyebut Fredy Kusnadi sebagai mafia tanah kelas ‘kolonel’. Menurut mantan Dubes RI untuk Amerika Serikat itu, di atas Fredy Kusnadi masih ada dalang utama atau godfather.

“Jadi si Fredy ini semacam kolonelnya, mid person. Ada yang lebih tinggi dari dia, ada jenderalnya,” kata Dino saat berbincang dengan tim Blak-blakan detikcom, Selasa (16/2/2021).

Dino Patti Djalal mengungkap sindikat mafia tanah punya sistem yang rapi dan terstruktur. Ada aktor yang merencanakan, ada yang pura-pura jadi pembeli, menjadi broker, menyiapkan KTP palsu, hingga penyandang dana.

Dalam kasus mafia tanah yang menyerobot rumah milik keluarganya, Dino menuding Fredy Kusnadi sebagai dedengkotnya. Namun, kata Dino, ada pihak lain di atas Fredy sebagai founder-nya.

“Kalau dalam struktur di militer, posisi Freddy ini seperti kolonel. Masih ada jenderal di atas Freddy sebagai otak sekaligus pemodalnya. Orang ini harusnya bisa ditindak. Kalau hanya kroconya yang ditangkap, bos mafia tanah akan berulah lagi dengan orang-orang yang berbeda,” tegas Dino.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here