Jalan Tol Bawah Air China yang Menakjubkan, Atapnya Pakai LED

0
14

Doni Wahyudi – detikOto
Sabtu, 16 Jul 2022 10:10 WIB

Jakarta – Memiliki wilayah negara yang sangat luas, China punya banyak ruas jalan yang menakjubkan membelah beragam lokasi dan kondisi alam. Salah satunya Terowongan Taihu, jalur mobil yang membentang di bawah Danau Taihu.
Terowongan Taihu menjadi begitu spesial di China karena itu menjadi terowongan bawah air terpanjang di negara tersebut. Bukan itu saja, proses pengerjaannya juga memiliki tantangan besar karena terowongan tersebut tepat berada di bawah Danau Taihu.

Danau Taihu berlokasi di Provinsi Jiangsu, sekitar 50 km dari Kota Shanghai.

Terowongan Taihu merupakan terowongan untuk kendaraan bermotor. Terdapat enam jalur mobil dengan total lebar mencapai 17,45 meter. Sementara panjang terowongan tersebut mencapai 10,79 km.

Hal lain yang menarik dari terowongan bawah danau ini adalah pemasangan panel LED pada bagian atap.

Pemasangan LED pada atap terowongan bukan semata demi unsur estetika. Lampu LED warna-warni itu dipasang supaya pengendara tidak kelelahan. Dikhawatirkanpemobil yang melintas akan cepat bosan dan lelah karena melihat pemandangan yang monoton sejauh 10,79 km di dalam terowongan. Demikian dikutip dariCNN.

Terowongan tersebut merupakan bagian dari Jalan Tol Changzhou-Wuxi, yang memberikan alternatif rute perjalanan antara Shanghai dengan Nanjing. Pemerintah China membangun terowongan ini juga untuk menopang ekonomi dan demi memajukan wilayah Yangtze River Delta.

Setelah konstruksi pertamanya dibangun pada 9 Januari 2018, Terowongan Taihu ini akhirnya dipakai untuk kendaraan umum pada 30 Desember 2021. Total biaya pembuatan terowongan jalan tol bawah air ini mencapai US$ 1,56 miliar, itu setara dengan Rp 23,3 triliun.

Terowongan Taihu di China, terowongan bawah air Foto: CNN

Terowongan Taihu Kalah Panjang dari Terowongan Bawah Laut di Eropa

Bicara terowongan atau jalan bawah laut, Terowongan Taihu bukanlah yang terpanjang di dunia.

Norwegia memiliki terowongan bawah air terpanjang di dunia, mencapai 14,3 km, yang disebut Terowongan Ryfast. Terowongan yang membelah lautan ini membentang menyambungkan Kota Stavanger dan Strand.

Tak jauh dari China, tepatnya di Jepang, juga ada terowongan bawah air. Berlokasi di teluk Tokyo, terowongan ini memiliki panjang 9,6 km.

Jika berbicara soal terowongan bawah air secara umum, maka yang terpanjang di dunia adalah Channel Tunnel. Terowongan bawah laut ini menghubungkan Prancis dengan Inggris sepanjang 37,9 km. Namun terowongan ini adalah terowongan kereta api.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here