EKBIS

Jack Ma Resmi Hengkang dari Perusahaannya Sendiri Ant Group

Aulia Damayanti – detikFinance
Rabu, 03 Jan 2024 12:11 WIB

Jakarta – Ant Group Co. resmi menyelesaikan prosedur untuk menghapus pengendali utama perusahaan yakni sang pendiri, Jack Ma. Hal ini menjadi tindak lanjut dari pengunduran diri Jack Ma sebagai pengendali di Ant Group.
Ant Group merupakan perusahaan teknologi sektor keuangan yang berafiliasi dengan Alibaba. Jack Ma sebelumnya memiliki kendali penuh atas perusahaan yang memiliki tujuan menjangkau semua konsumen dan usaha kecil ke layanan keuangan dan lainnya melalui akses teknologi.

Dikutip dari Bloomberg, Rabu (4/1/2024) Pengunduran diri Jack Ma telah diumumkan pada awal 2023. Juru Bicara Ant Group meyakini penyesuaian pengendali perusahaan tidak akan mengubah kepentingan ekonomi pemegang saham mana pun.

“Perubahan status di PBOC tidak akan mempengaruhi operasi bisnis perusahaan sehari-hari,” juru bicara Ant.

Ant Group merupakan perusahaan yang dibangun Jack Ma pada 2004 silam. Usaha afiliasi dengan Alibaba itu adalah perusahaan teknologi yang bergerak di bidang keuangan.

Ant Grup memiliki beberapa perusahaan seperti Alipay, Yu’e Bao, Huabei, Xiang Hu Bao, Mybank, dan Zhima Credit. Untuk informasi, Jack Ma disebut menyerahkan kendalinya di raksasa fintech Ant Group usai kegagalan perusahaan itu menggelar IPO.

Dikutip dari Reuters, Sabtu (7/1/2023), sebelumnya Ant direncanakan IPO senilai US$ 37 miliar pada 2020. IPO yang akan menjadi yang terbesar di dunia akhirnya batal pada November 2022.

Hal ini membuat perusahaan melakukan restrukturisasi paksa, dan Jack Ma harus menyerahkan kekuasaannya. Sejumlah analis memprediksi bahwa Ant bisa IPO setelah pelepasan kendali Jack Ma.

(ada/ara)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *