Indonesia Baru Mulai, China Umumkan Bebas Transmisi Lokal Virus Corona

0
7
Ilustrasi virus corona COVID-19 (Foto: Getty Images)

Jumat, 20 Mar 2020 07:00 WIB

Anjar Mahardhika – detikHealth

Jakarta – Jumlah kasus positif virus corona COVID-19 di Indonesia kini terus meningkat. Juru Bicara Pemerintah terkait Penanganan Wabah Corona, dr Achmad Yurianto mengumumkan, terdapat penambahan kasus menjadi 309 positif, dengan 25 kematian dan 15 sembuh.

“Total kasus hari ini 309 orang,” kata Yuri, dalam konferensi pers di BNPB, Jakarta Timur, Kamis (19/3/2020).

Ketika kasus penyebaran virus corona COVID-19 terus bertambah di Indonesia, untuk pertama kalinya China mengumumkan tidak ada kasus virus corona transmisi lokal sejak pandemi ini dimulai.

Sebelumnya, pada konferensi pers hari Kamis pagi (19/3/2020), para pejabat dari Komisi Kesehatan Nasional China mengumumkan hanya ada 34 kasus baru dalam 24 jam terakhir. Semua kasusnya diimpor dari luar China, seperti dikutip dari CNN.

Banyak ahli menganggap ini sebagai bukti dari keberhasilan yang berkelanjutan dari upaya China menangani penyebaran virus ini.

“Sangat jelas bahwa tindakan yang diambil di China hampir mengakhiri gelombang infeksi pertama mereka,” kata Ben Cowling, kepala Divisi Epidemiologi dan Biostatistik dari Sekolah Kesehatan Masyarakat, Universitas Hong Kong dilansir dari New York Times.

Bila dibandingkan, jumlah ini lebih sedikit daripada peningkatan virus corona di Indonesia yang telah menambah 82 kasus positif baru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here