Gubernur Catat 49 Ribu Perantau Pulang ke Sumbar di Tengah Pandemi Corona

0
46
Foto: Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (Jeka Kampai/detikcom)

Jeka Kampai – detikNews

Sabtu, 11 Apr 2020 05:56 WIB

Padang – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno mengatakan ada 49 ribu lebih perantau yang pulang kampung di tengah pandemi virus Corona. Jumlah itu tercatat sejak pembatasan selektif diberlakukan di Sumbar.

“Perantau yang pulang kampung dicatat melalui pintu-pintu perbatasan dan Bandara Internasional Minangkabau 49 ribu lebih,” kata Irwan kepada wartawan, Jumat (10/4/2020).

Irwan menyebut para perantau yang pulang kampung itu sebagian besar adalah pedagang, yang mengalami kesulitan sejak pandemi COVID-19. Para perantau ini masuk ke Sumbar melalui jalur udara dan sembilan pintu masuk lewat jalur darat.

Pintu masuk lewat darat itu adalah 2 titik di perbatasan Kabupaten Pesisir Selatan dengan Bengkulu dan Kerinci Jambi, 1 titik di Kabupaten Limapuluh Kota pintu masuk dari Riau, dan 2 pintu di Kabupaten Pasaman, yakni pintu masuk dari Sumatera Utara dan Riau.

Selain itu ada 1 titik di Kabupaten Pasaman Barat sebagai pintu masuk dari Sumut, 1 di Kabupaten Dharmasraya, pintu masuk dari Jambi, serta 2 di Kabupaten Solok Selatan, pintu masuk dari Jambi.

Irwan meminta para perantau yang pulang kampung tersebut bersedia mengikuti prosedur isolasi mandiri tanpa harus dipaksa. Ia memastijan semua pintu masuk ke Sumbar dijaga untuk mengantisipasi penyebaran virus tersebut.

“Untuk mengantisipasi penyebaran virus, kita jaga semua pintu masuk. Kita siagakan petugas di semua pintu masuk tersebut. Yang sudah pulang kita harapkan melakukan isolasi mandiri agar penyebaran virus ini bisa kita cegah. Kita minta kesadaran, tak perlu harus dipaksa,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here