Dokter di Arab Saudi Dibui 5 Tahun karena Lecehkan Perawat

0
32

Novi Christiastuti – detikNews
Senin, 02 Okt 2023 11:12 WIB

Riyadh – Pengadilan Arab Saudi menjatuhkan hukuman lima tahun penjara pada seorang pria yang berprofesi sebagai dokter, yang dinyatakan bersalah karena melakukan pelecehan seksual terhadap seorang wanita yang bekerja sebagai perawat di sebuah rumah sakit.
Seperti dilaporkan media lokal Saudi, Okaz dan dilansir Gulf News, Senin (2/10/2023), pengadilan banding di wilayah Asir, Saudi bagian barat daya, menjatuhkan hukuman maksimum kepada seorang dokter yang berasal dari Suriah tersebut.

Kasus ini didasarkan pada aduan seorang perawat Filipina yang bekerja dengan dokter tersebut di sebuah rumah sakit swasta di wilayah Saudi bagian selatan. Aduan itu disampaikan si perawat kepada manajemen rumah sakit tersebut, yang diikuti dengan laporan polisi.

Dalam aduannya, si perawat menuduh dokter itu telah menyentuh bagian pribadi tubuhnya.

Diungkapkan juga oleh si perawat bahwa dokter itu kemudian mengirimkan pesan teks via ponsel kepada dirinya untuk meminta maaf atas tindakannya, dan mengatakan bahwa dia hanya bercanda.

Salinan pesan teks itu turut disertakan oleh si perawat dalam aduannya. Disebutkan juga oleh si perawat bahwa dokter itu sebelumnya telah melakukan pelecehan secara verbal terhadap dirinya, dan menawarkan uang 1.000 Riyal Saudi (Rp 4,1 juta) untuk menginap semalam guna menemani si dokter di rumahnya.

Si dokter kemudian ditangkap setelah ditetapkan sebagai tersangka oleh otoritas Saudi, dan kasus ini berlanjut di pengadilan.

Dalam persidangan kasusnya, si dokter mengakui tindakannya dan kembali berdalih dirinya hanya bercanda sembari menyangkal telah melecehkan perawat itu secara seksual.

Awalnya, pengadilan Saudi menjatuhkan hukuman satu tahun penjara dan memerintahkan dokter asal Suriah itu untuk membayar denda sebesar 5.000 Riyal Saudi (Rp 20,6 juta). Namun jaksa Saudi mengajukan banding atas putusan pengadilan itu.

Dalam putusannya, pengadilan banding menyatakan bahwa hukuman yang dijatuhkan terhadap dokter itu tidak cukup dan menambah hukumannya menjadi lima tahun penjara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here