KESEHATAN

Chandrika Chika Pakai Vape Isi Ganja, Bisa Seserius Ini Efeknya ke Tubuh

Khadijah Nur Azizah – detikHealth
Rabu, 24 Apr 2024 13:55 WIB

Jakarta – Selebgram Chandrika Chika menjadi salah satu influencer yang dijerat kepolisian terkait kasus penyalahgunaan narkoba. Dia beserta kelima selebgram lainnya diamankan di sebuah hotel daerah Karet Kuningan, Jakarta Selatan.
Dalam penangkapan, penyidik turut menyita sejumlah barang bukti berupa satu buah pods rokok elektrik dengan cairan berisi ganja yang dipakai secara bergiliran.

“Barang bukti yang diamankan satu buah pods vape atau rokok elektrik berisi cairan narkotika jenis ganja. Liquid pods itu isinya ganja,” kata AKP Rezka Anugras

Cairan ganja yang biasanya terkandung dalam liquid vape atau rokok elektrik kerap mengandung THC atau Tetrahydrocannabinol. Kandungan ini merupakan bahan kimia utama yang ditemukan dalam ganja yang bertanggung jawab atas sensasi ‘high’ yang dirasakan banyak orang setelah mengonsumsi obat tersebut.

THC menargetkan reseptor cannabinoid yang terletak di otak, yang terutama bertanggung jawab atas kemampuan Anda untuk berpikir, mengingat sesuatu, merasakan kesenangan, mengoordinasikan tubuh, dan memahami waktu.

Dalam sebuah penelitian kecil terhadap pengguna ganja yang jarang, para peneliti Johns Hopkins Medicine telah menunjukkan bahwa, dibandingkan dengan merokok ganja, penggunaan vaping meningkatkan tingkat kecemasan jangka pendek, paranoia, kehilangan ingatan dan gangguan memori.

Mengutip laman Rehab4Addiction, banyak penelitian kini menunjukkan bahwa ada risiko kesehatan yang terkait dengan vaping ganja. Mengonsumsinya bisa berdampak buruk pada paru-paru.

“Singkatnya, semuanya buruk, tetapi jika Anda juga menggunakan vape ganja, Anda akan mengalami lebih banyak gejala pernapasan tidak sehat dibandingkan jika Anda hanya merokok atau vape rokok elektrik,” kata Direktur di University of Michigan Center for Drugs, Alcohol, Smoking and Health.

“Tidak diragukan lagi, rokok dan vape tidak sehat dan tidak baik untuk paru-paru. Namun, vaping dengan ganja tampak lebih buruk,” tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *