Cegah Corona, Legislator PKB: Yang Terlanjur Mudik Harus Rapid Test

0
45
Foto: ilustrasi mudik/ antrean di stasiun kereta

Mochamad Zhacky – detikNews

Senin, 30 Mar 2020 11:17 WIB

Jakarta – Anggota DPR RI dari Fraksi PKB Marwan Jafar mendorong pemerintah daerah untuk melakukan rapid test virus Corona (COVID-19) ke warga-warga yang terlanjur mudik. Marwan menilai rapid test bisa digelar di titik-titik kumpul, seperti terminal dan stasiun.

“Tegakkan protokol kesehatan, lakukan rapid test bagi warga yang terlanjur mudik di titik-titik kumpul, baik terminal, bandara dan pelabuhan,” kata Marwan kepada wartawan, Senin (30/3/2020).

Namun, menurut Marwan, pemerintah daerah juga harus menyiapkan tempat jika warga yang terlanjur mudik itu berpotensi tertular virus Corona. Anggota Komisi VI DPR itu berpendapat, gedung-gedung sekolah yang saat ini tidak terpakai bisa dijadikan sebagai tempat isolasi.

“Bagi yang dinyatakan positif, maupun status ODP (orang dalam pemantauan) segera diisolasi di tempat-tempat yang disiapkan, seperti gedung-gedung sekolah untuk menekan penyebaran virus di masyarakat,” jelasnya.

Marwan meminta pemerintah bersikap tegas perihal mobilitas masyarakat. Dia menekankan penegakan peraturan menjadi kunci dalam menekan angka penyebaran virus Corona.

“Penegakan aturan dan disiplin sosial jadi kata kunci untuk menekan penyebaran wabah COVID-19 ini”, tegas Marwan.

Sebelumnya, Menko Polhukam Mahfud Md mengatakan pemerintah sedang menyiapkan kebijakan supaya masyarakat tidak mudik di tengah pandemi virus Corona (COVID-19). Rencana kebijakan itu didasarkan pada pertimbangan dalil hukum tentang keselamatan rakyat.

“Menurut Undang-Undang Dasar, orang pulang dan pergi itu adalah hak konstitusional. Oleh sebab itu, tidak bisa sembarang dilarang. Tetapi, di dalam hukum itu, dalil keselamatan rakyatlah yang menjadi hukum tertinggi, sehingga pemerintah sekarang sedang menyiapkan juga satu rencana kebijakan agar orang tidak mudik dulu,” kata Mahfud dalam konferensi pers yang disiarkan secara langsung kepada wartawan, Jumat (27/3).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here