Catat Warga RI! Jadwal Puncak Hujan Meteor Sepanjang 2024

0
47

Agus Tri Haryanto – detikInet
Jumat, 26 Jan 2024 09:45 WIB

Jakarta – Hujan meteor menjadi salah satu fenomena alam yang menarik untuk disaksikan. Sepanjang tahun 2024, terdapat 11 hujan meteor yang terjadi hampir tiap bulannya.
Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) telah merangkum puncak hujan meteor pada tahun 2024. Sebagai informasi, hujan meteor terjadi ketika objek langit meteorid terbakar saat memasuki atmosfer Bumi.

Objek tersebut biasanya berasal dari sisa komet atau asteroid yang juga mengorbit Matahari. Adapun, hujan meteor ini merupakan peristiwa alam tahunan.

“Untuk berburu meteor, perlu diperhatikan iluminasi bulan, puncak kejadian, serta rasi bintang di dekat radian,” ujar Peneliti Pusat Riset Antariksa, Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa BRIN, Farahhati Mumtahana dikutip dari laman BRIN

Jadwal Puncak Hujan Meteor Tahun 2024

Cara Mengamati Hujan Meteor

Untuk mengamati hujan meteor, detikers dapat dilakukan dengan cara mencari tempat yang gelap. Biasanya kondisi ini ditemui bukan di perkotaan, melainkan desa yang minim polusi cahaya.

Hal lain yang menjadi perhatian adalah lokasi yang berpandangan luas (tidak ada bangunan tinggi) bisa pegunungan atau pantai. Jika bisa berdiri di bawah radian di belahan manapun maka hujan meteor terlihat lebih banyak.

“Bisa juga dengan memakai tenda jadi sambil camping atau menyiapkan tempat duduk/sofa karena menunggu bisa lama sekali. Dan ketika sekali keluar bisa sangat banyak, tetapi jeda juga lama. Sambil mengobrol dengan teman dan bawa bekal juga akan mengasyikan,” tutur Farah.

Farah mengingatkan bahwa tidak ada fenomena yang langsung berdampak pada kehidupan manusia. Kalaupun bisa, karena berada dalam lingkungan antariksa dampaknya tidak akan terlalu terasa. Meskipun ada untuk fenomena-fenomena tertentu saja seperti cuaca antariksa.

“Mari kita abadikan salah satu atau beberapa fenomena tersebut dan menjadikannya memori dari pengalaman yang indah, yang mungkin bisa jadi sekali seumur hidup,” pungkas dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here