Catat! Ini Aturan Pembatasan Transportasi di Kabupaten Tangerang Saat PSBB

0
41
Ilustrasi PSBB (Getty Images/iStockphoto/nzphotonz)

Jehan Nurhakim – detikNews

Rabu, 15 Apr 2020 20:08 WIB

Tangerang – Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Tangerang Raya akan mulai berlaku pada Sabtu (18/4/2020) akhir pekan ini. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang membuat aturan pembatasan transportasi hingga warga saat penerapan PSBB itu.

“Aturan dan pembatasan mode transportasi di Kabupaten Tangerang dilakukan untuk memutus rantai penyebaran Virus Corona di Wilayah Kabupaten Tangerang,” tulis keterangan resmi Pemkab Tangerang yang dikirim Kepala bidang Dinas Komunikasi dan informatika, Abdul Munir, Rabu (15/4/2020).

Berikut ini aturan transportasi saat PSBB di Kabupaten Tangerang berlaku:

1. Kendaraan roda dua berbasis aplikasi ojek online (ojol) hanya untuk pengangkutan barang.

2. Kendaraan roda dua tidak boleh membawa penumpang.

3. Kendaraan jenis sedan maksimal diisi 3 orang.

4. Kendaraan jenis minibus maksimal diisi 4 orang.

Pemkab juga menjelaskan, operasional transportasi dalam trayek dibatasi dari pukul 06.00 hingga 18.00 WIB. Kemudian transportasi non-trayek bisa beroperasi hingga 24 jam.

Selain itu, Pemkab menjelaskan, aturan dan pembatasan bagi masyarakat untuk mencegah penyebaran virus Corona. Berikut ini aturan dan pembatasan saat PSBB berlaku:

1. Keluar rumah wajib menggunakan masker, dalam kondisi apa pun cuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer, jaga jarak minimal 1 meter, serta perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS)

2. Untuk semua tingkat pendidikan dilaksanakan di rumah dengan metode jarak jauh.

3. Bekerja dilaksanakan di rumah, kecuali bidang kesehatan, pangan, energi, komunikasi, atau media dan keuangan atau perbankan logistik, industri strategis, pelayanan dasar dengan memperhatikan physical distancing.

4. Sosial dan budaya, kegiatan perkumpulan atau pertemuan maksimal 5 orang kecuali, pernikahan di KUA (tanpa resepsi), khitan boleh (tanpa perayaan).

Sementara itu, tempat atau fasilitas umum, ibadah, dan tempat hiburan ditutup. Kecuali supermarket atau minimarket, pasar, toko kelontong, obat obatan, peralatan medis, dan bahan pokok.

Sebelumnya diberitakan, pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Tangerang Selatan berlaku mulai Sabtu 18 April 2020 pukul 00.01 WIB. Hal ini disampaikan oleh Gubernur Banten Wahidin Halim di rumah dinasnya di Kota Serang, Senin (13/4).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here