Cara Cek Penerima BLT Minyak Goreng, Cair Bulan Ini!

0
42

Kholida Qothrunnada – detikFinance
Senin, 04 Apr 2022 10:38 WIB

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan pemerintah akan memberikan bantuan langsung tunai atau BLT minyak goreng. Bantuan ini akan diberikan untuk tiga bulan yakni April, Mei dan Juni 2022.
BLT minyak goreng itu diberikan untuk meringankan beban masyarakat, akibat tingginya harga minyak goreng belakangan ini. Mereka yang berhak menerima BLT minyak goreng adalah 20,5 juta keluarga yang termasuk dalam daftar Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH). Kemudian 2,5 juta pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan makanan gorengan.

Nilai BLT minyak goreng yang diberikan adalah Rp 100.000 per bulan. Pencairannya akan diberikan di muka, sekaligus untuk tiga bulan sebesar Rp 300.000. Rencananya BLT minyak goreng akan cair bulan April ini.

“Bantuan yang diberikan sebesar Rp 100.000. Pemerintah akan memberikan bantuan itu untuk setiap bulannya. Pemerintah akan memberikan 3 bulan sekaligus yaitu April, Mei, Juni yang akan dibayar di muka pada bulan April 2022 sebesar Rp 300.000,” kata Jokowi pekan lalu.

Untuk tahu apakah kamu merupakan salah satu penerima program BLT minyak goreng, kamu bisa cek kepesertaan sebagai penerima program BPNT dan PKH. Simak caranya di bawah ini!

Cara Cek Penerima BLT Minyak Goreng
Cara cek penerima BLT minyak goreng program BPNT adalah sebagai berikut:

1. Buka laman cekbansos.kemensos.go.id.

2. Isi data yang diminta seperti wilayah dan nama Anda.

3. Ketik kode yang terdiri 8 digit huruf, termasuk spasi yang terlihat di gambar.

4. Kemudian klik “Cari Data”.

Cara cek penerima BLT minyak goreng program PKH adalah sebagai berikut:

1. Buka laman cekbansos.siks.kemsos.go.id.

2. Pilih jenis nomor identitas yang akan digunakan untuk melakukan pencarian. Ada tiga pilihan yaitu, nomor identitas yang terdaftar di sistem Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), nomor kepesertaan BPJS Kesehatan, atau Nomor Induk Kependudukan (NIK).

3. Masukkan nomor identitas di kolom berikutnya. Lalu, isi nama sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP).

4. Masukkan kode captcha sesuai dengan huruf yang muncul di muka layar. Kemudian, klik tombol ‘Cari’.

5. Sistem akan memproses data yang dimasukkan dan mengeluarkan hasil informasi, berupa terdaftar atau tidak. Lalu, hasilnya akan tampak di layar.

Demikian informasi cara cek penerima BLT minyak goreng dari pemerintah. Semoga membantu!

(fdl/fdl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here