Awas, Sudah Ada 57 Transmisi Lokal Omicron di DKI!

0
8

Selasa, 11 Jan 2022 15:21 WIB

Khadijah Nur Azizah – detikHealth

Jakarta – Dinas Kesehatan DKI Jakarta mencatat telah menemukan 57 kasus transmisi lokal varian Omicron di Jakarta. Total kasus Omicron di Ibu Kota disebut mencapai 407 kasus.
“Dari 407 orang yang terinfeksi, 86 persen atau sebanyak 350 orang adalah pelaku perjalanan luar negeri, sedangkan 57 lainnya adalah transmisi lokal,” kata kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinkes DKI Jakarta, Dwi Oktavia dalam keterangan resmi, Senin (10/1/2022).

Lebih lanjut, Dwi mengatakan dari total 867.662 kasus positif corona di Jakarta, kata dia, sebanyak 851.944 orang telah dinyatakan sembuh dengan tingkat kesembuhan 98,2 persen. Lalu sebanyak 13.589 orang lainnya meninggal dunia dengan tingkat kematian 1,6 persen.

Hanya saja ada perbedaan data pasien transmisi lokal varian Omicron dari Kementerian Kesehatan. Per Senin (10/1/2022), Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kementerian Kesehatan RI dr Siti Nadia Tarmizi pasien penularan lokal Omicron di Indonesia mencapai 50 orang dengan total kasus 414.

“Kalau kita data yg sdh di cek oleh litbang ya,” katanya saat ditanyai mengenai perbedaan data pusat dan daerah mengenai varian Omicron.

Di sisi lain Menkes Budi Gunadi Sadikin mewanti-wanti akan adanya lonjakan transmisi varian Omicron. Berkaca pada banyak negara, peningkatan kasus Omicron terbilang lebih cepat ketimbang COVID-19 varian Delta.

Kasus Omicron di Indonesia sebagian besar disumbang pelaku perjalanan luar negeri. Karenanya, ia meminta warga untuk menahan diri melakukan perjalanan internasional jika tak ada kebutuhan mendesak.

“Kita akan menghadapi gelombang dari Omicron, jangan panik, kita sudah menyiapkan diri dengan baik. Pengalaman menunjukkan walaupun naiknya cepat, tapi gelombang Omicron ini turunnya juga cepat,” pungkas Menkes.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here