Australia Kemasukan Versi Lain Varian Omicron, Ada Mutasi Baru Lagi?

0
24

Jumat, 10 Des 2021 05:00 WIB

AN Uyung Pramudiarja – detikHealth

Jakarta – Varian Omicron B.1.1.529 masih diteliti, Australia sudah menemukan versi lain yang disebut ‘Omicron-like’ atau mirip Omicron. Mutasi apa lagi ini?
Kasus ‘Omicron-like’ ditemukan di negara bagian Queensland, pada seorang pria yang datang dari Afrika Selatan. Dipastikan bukan varian Delta, tetapi pada pakar tidak bisa memastikannya sebagai varian Omicron.

“Mereka menemukan perbedaan di sini, bekerja dengan pendekatan methodikal dan saintifik, dikenali ada perbedaan antara klasifikasi Omicron normal dan utuh, meneruskannya ke komite internasional dalam waktu cepat, dan kini sekarang menyebabkan klasifikasi ulang Omicron,” kata Chief Health Officer Queensland, Peter Aitken, dikutip dari The Sydney Morning Herald.

Dibanding varian Omicron ‘original’ yang punya sekitar 30 mutasi pada spike protein, varian ‘Omicron-like’ memiliki 14 mutasi di bagian tersebut.

Perbedaan lain yang teramati adalah pada S gene dropout. Varian Omicron asli punya S gene dropout, yang tidak teramati pada varian ‘Omicron-like’.

“Jadi ini sudah cukup untuk bisa diklasifikasi sebagai Omicron, tetapi kami belum cukup mengerti tentang ini dan itu artinya terkait keparahan klinis dan efektivitas vaksin,” kata Aitken.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here