KESEHATAN

Arti Sebenarnya Gender Netral, Dipilih Anak Nadya Hutagalung hingga Ubah Nama

Nafilah Sri Sagita K – detikHealth
Minggu, 26 Mar 2023 09:05 WIB

Jakarta – Ramai istilah gender netral di media sosial, dikaitkan dengan pengakuan anak Nadya Hutagalung yang lebih memilih mengidentifikasi dirinya sebagai gender netral. Artinya, secara identitas ia bukanlah laki-laki maupun perempuan.
Namanya belakangan juga diganti dari Nyra menjadi Alex. “Mereka (they) ingin nama yang lebih gender netral,” tulis Nadya dalam bahasa Inggris, menjawab pertanyaan warganet soal perubahan nama anaknya, beberapa waktu lalu.

Sebenarnya, identitas gender tidak hanya berupa netral, tetapi banyak tipe di antaranya yakni nonbinary, cisgender, dan genderfluid. Lantaran jenis kelamin dan identitas gender seseorang tidak harus sama, penting untuk mengetahui perbedaan di antara keduanya.

Istilah identitas gender mengacu pada perasaan pribadi gender individu itu sendiri. Sementara seks atau jenis kelamin seseorang bergantung pada organ reproduksi mereka saat lahir, menjadi laki-laki atau perempuan.

Seks

Jenis kelamin seseorang adalah bagaimana mereka mengidentifikasi secara internal dan bagaimana mereka mengekspresikannya secara eksternal. Orang mungkin menggunakan pakaian, penampilan, dan perilaku untuk mengekspresikan jenis kelamin yang mereka identifikasi.

Jenis kelamin seseorang biasanya didasarkan pada faktor biologis tertentu, seperti organ reproduksi, gen, dan hormon.

Seperti gender, seks bukanlah biner. Seseorang mungkin memiliki gen yang diasosiasikan dengan laki-laki atau perempuan, tetapi organ reproduksi, alat kelamin, atau keduanya mungkin terlihat berbeda.

Ini disebut perbedaan dalam perkembangan seks. Orang juga dapat menyebut perbedaan dalam perkembangan seks sebagai interseks.

Orang biasanya menggunakan istilah laki-laki, perempuan, atau interseks untuk merujuk pada jenis kelamin seseorang.

Gender

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat bahwa gender adalah konstruksi sosial yang biasanya orang gambarkan dalam istilah feminitas dan maskulinitas. Dalam budaya Barat, orang mengasosiasikan feminitas dengan wanita dan maskulinitas dengan pria, tetapi konstruksi sosial ini berbeda-beda antar budaya.

Namun, gender tidak terbagi dengan rapi di sepanjang garis biner antara laki-laki dan perempuan.

Cisgender

Seseorang cisgender mengidentifikasi gendernya dengan jenis kelamin yang ditetapkan saat lahir.

Misalnya, perempuan cisgender adalah seseorang yang masih mengidentifikasi jenis kelaminnya perempuan.

Genderfluid

Seseorang yang mengidentifikasi diri sebagai genderfluid memiliki identitas dan presentasi gender yang bergeser antara atau di luar, ekspektasi masyarakat terhadap gender.

Genderqueer

Seseorang yang diidentifikasi sebagai genderqueer memiliki identitas atau ekspresi gender yang tidak sama dengan harapan masyarakat untuk jenis kelamin yang ditetapkan atau gender yang diasumsikan.

Genderqueer juga dapat merujuk pada seseorang yang mengidentifikasi di luar bagaimana masyarakat mendefinisikan gender atau seseorang yang mengidentifikasi dengan kombinasi gender.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *