Apa Efek Minum Kopi bagi Golongan Darah O? Ini Saran Ahli

0
15

Bayu Ardi Isnanto – detikHealth
Sabtu, 20 Jan 2024 19:00 WIB

Jakarta – Minum kopi sudah menjadi kebiasaan banyak orang setiap harinya. Banyak manfaat dari kopi yang bisa diperoleh, antara lain menjaga fungsi otak dan jantung.
Namun kopi disebut-sebut memiliki efek negatif jika dikonsumsi oleh pemilik golongan darah O. Benarkah? Simak penjelasan dan saran ahli terkait makanan yang tepat untuk golongan darah O berikut ini.

Alasan Golongan Darah O Disarankan Tidak Minum Kopi

Dr Peter D’Adamo, dokter naturopati dan profesor ilmu klinis terhormat di Universitas Bridgeport Connecticut, Amerika Serikat yang juga penulis buku Eat Right 4 Your Type, menyarankan pemilik golongan darah O untuk tidak minum kopi, termasuk juga alkohol.

Dijelaskan dalam situs dadamo.com, kafein dan alkohol dapat meningkatkan hormon adrenalin dan noradrenalin. Dua hormon tersebut cenderung sudah tinggi dimiliki oleh pemilik golongan darah O.

Adrenalin dan noradrenalin yang tinggi dalam golongan darah O memicu kemarahan yang berlebihan, emosi, dan hiperaktif saat stres. Tipe O lebih rentan terhadap perilaku yang merusak saat terlalu lelah, tertekan, atau bosan.

Makanan dan Minuman untuk Tipe O

D’Adamo menyarankan untuk mengkonsumsi dan menghindari makanan tertentu. Makanan yang disarankan adalah daging tanpa lemak, daging organik, sayuran dan buah-buahan.

Sedangkan makanan yang dihindari adalah gandum dan susu yang dapat menjadi pemicu masalah pencernaan dan kesehatan pada tipe O. Selain itu, kopi dan alkohol juga disarankan untuk tidak dikonsumsi.

Kopi untuk Tipe O Menurut Profesor UI

Beredar pula informasi bahwa minum kopi bagi tipe O memiliki efek negatif pengentalan darah.

Prof dr Zubairi Djoerban, SpPD-KHOM, spesialis penyakit dalam subspesialis hematologi onkologi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) menyebut belum ada penelitian tentang hal itu.

“Memang ada saran untuk yang memiliki golongan darah O agar mengurangi konsumsi kopi. Tapi alasannya bukan karena risiko pengentalan darah, lebih kepada kemungkinan menjadi ‘deg-degan’,” katanya dikutip dari laman X pribadinya atas izin yang bersangkutan, Minggu (1/10/2023).

Menurutnya, dalam sebuah jurnal yang terbit di National Library of Medicine disebutkan bahwa mengkonsumsi kopi maka risiko mengalami trombosis vena 30 persen lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak. Penelitian ini dilakukan kepada seluruh golongan darah.

Risiko pengentalan darah justru lebih tinggi pada orang dengan golongan darah A dan B dibandingkan mereka yang memiliki golongan darah O.

“Sejauh ini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa orang dengan golongan darah O yang minum kopi akan lebih mudah mengalami pembekuan atau pengentalan darah,” ujarnya.

Prof Zubairi menyebutkan ada penelitian yang mengungkap bahwa pemilik golongan darah O justru lebih sulit mengalami pembekuan atau hiperkoagulasi dan lebih sukar terjadi trombosis.

Nah, itulah tadi penjelasan mengenai efek minum kopi bagi pemilik golongan darah O menurut para ahli. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here