Academy Museum of Motion Pictures Segera Buka Akhir 2020

0
8
Model hiu yang digunakan untuk produksi film Jaws (1975) akan menjadi salah satu koleksi Academy Museum of Motion Pictures.

Jumat 14 Feb 2020 08:56 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda

Academy Museum of Motion Pictures akan tampilkan koleksi perfilman.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES — Delapan tahun setelah awal pengumumannya, Academy Museum of Motion Pictures segera dibuka untuk publik pada akhir 2020. Museum berlokasi di distrik Miracle Mile, Los Angeles, Amerika Serikat, dengan pemandangan perbukitan Hollywood.

Tempat yang didedikasikan bagi segala hal terkait sinema tersebut bakal resmi beroperasi pada 14 Desember 2020. Kepastian tanggal itu sudah dikonfirmasi oleh aktor Tom Hanks, salah satu petinggi Academy Museum saat siaran langsung Academy Awards ke-92.

Hanks semula menyoroti Los Angeles yang sudah punya museum swafoto, tapi belum memiliki museum terkait gambar bergerak. “Ini akan menjadi sesuatu yang sangat besar,” ujarnya tentang debut museum mendatang, seperti dikutip dari laman Afar.

Academy Museum of Motion Pictures sempat diwacanakan buka pada 2017, tetapi terkendala beberapa hal. Salah satunya, anggaran yang meroket hingga 388 juta dolar AS untuk mendirikan bangunan enam lantai tersebut.

Museum akan memuat berbagai galeri, ruang kegiatan, studio edukasi, serta ruang pertunjukan. Ada satu ruangan khusus berkapasitas 1.000 kursi untuk pemutaran film, “Teater David Geffen” yang dirancang oleh arsitek tersohor Renzo Piano.

Melalui rilis pers yang diterbitkan pihak pengelola, bagian dalam museum menghadirkan berbagai koleksi mengesankan. Ada lebih dari 12 juta foto, 190 ribu film dan video, 80 ribu naskah, 61 ribu poster, dan 104 ribu potongan arsip produksi berbagai film.

Pengunjung museum bakal menyimak sejumlah artefak unik. Misalnya, sepatu ruby milik Dorothy dari film The Wizard of Oz (1939), model hiu yang digunakan untuk produksi film Jaws (1975), atau kostum film Tim Burton, The Nightmare Before Christmas (1992).

Para pemenang Academy Awards juga mendonasikan piala Oscar mereka untuk dipajang di museum. Pihak pengelola mengatakan, keseluruhan museum memberikan pengalaman mengintip di balik layar dan memasuki dunia pembuatan film bagi para pengunjung.

Setelah museum dibuka, akan ada pameran berkala selain pameran permanen. Salah satunya, pameran retrospektif animator Jepang Hayao Miyazaki. Detail lain mengenai Academy Museum saat ini masih belum diumumkan, termasuk jam operasional dan harga tiket masuk.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here