2 Pelaku Spesialis Pembobol Toko di Bandung Ditangkap, Satu Residivis

0
11
Foto: Pelaku pembobol toko di Kabupaten Bandung (Muhammad Iqbal/detikcom).

Muhammad Iqbal – detikNews

Senin, 02 Agu 2021 13:08 WIB

Kabupaten Bandung – Satreskrim Polresta Bandung menangkap dua orang pencuri spesialis bobol toko di Kabupaten Bandung. Mereka sudah beraksi di 50 toko. Hasil dari kejahatan tersebut digunakan untuk foya-foya.

Kapolresta Bandung mengatakan ada dua tersangka yang berhasil diamankan petugas. Dua tersangka tersebut yakni E (48) dan AEP (41).

“Kami berhasil mengamankan dua orang tersangka kasus pencurian dengan pemberatan, salah satunya ternyata residivis,” ungkap Hendra kepada wartawan di Mapolresta Bandung, Senin (2/8/2021).

Hendra menuturkan para tersangka merupakan spesialis pembobol toko. Mereka diketahui telah beraksi di 50 tempat kejadian perkara. Bukan hanya di Bandung, mereka juga sempat beraksi di Garut dan Tasikmalaya.

“TKP kurang lebih ada 50, berhasil kita ungkap ada 8 laporan, empat di Garut dan satu di Tasikmalaya,” ungkap Hendra.

Sejumlah barang bukti berhasil diamankan petugas. Di antaranya sebuah mesin fotocopy, gas LPG, dan sejumlah sembako.

Dari keterangan tersangka, mereka mulai beraksi pada malam hari ketika toko dalam keadaan tertutup dan sepi dari lalu-lalang kendaraan. Mereka menggunakan linggis dan gunting baja dalam melancarkan aksinya untuk membuka gembok toko.

“Mereka patroli, melihat toko dalam keadaan kosong, dan mengambil apa saja, alat fotocopy, telor, beras, sembako, baju juga,” ujarnya.

“Mereka pun selalu menggunakan mobil rental. Kami mendapatkan gambar dari CCTV dan mengarah kepada para tersangka,” lanjutnya.

Sementara itu, AEP menuturkan hasil barang yang dicuri langsung mereka jual. Uang hasil penjualan tersebut digunakan untuk berfoya-foya. Akibat perbuatannya, mereka terancam hukuman penjara selama 7 tahun.

“Saya pakai linggis sama gunting baja. Uang hasil curian dipakai foya-foya pak,” ucap tersangka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here