2 Jembatan di Sukaraja Bogor Rusak Diterjang Banjir, Akses Warga Terganggu

0
27

Rizky Adha Mahendra – detikNews
Jumat, 01 Des 2023 12:55 WIB

Jakarta – Hujan deras disertai angin kencang melanda wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, beberapa waktu belakangan membuat sejumlah aliran sungai di Kecamatan Sukaraja meluap. BPBD Kabupaten Bogor menyebut ada dua jembatan rusak diterjang air sungai meluap.
“Pertama di Desa Cikeas, dikarenakan terdapat tanggul jebol dan meluapnya aliran kali yang membuat tersumbatnya sampah di jembatan tersebut sehingga mengakibatkan jembatan roboh,” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor, Muhammad Adam Hamdani, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (1/12/2023).

Jembatan tersebut merupakan jembatan gantung yang menjadi akses masyarakat desa di Sukaraja. Situasi saat ini, jembatan sudah tidak bisa digunakan.

Kedua, jembatan rusak terjadi di antara Desa Sukatani dan Desa Sukaraja. Jembatan yang rusak menghubungkan kedua desa tersebut. Penyebabnya serupa, yaitu karena meluapnya air sungai.

“Dikarenakan meluapnya aliran kali, sehingga tergerusnya fondasi sebuah jembatan penghubung antar Desa Sukaraja dan Desa Sukatani mengakibatkan terdampaknya jembatan tersebut,” ujarnya.

Adam mengatakan akses jalan antara kedua desa tersebut terganggu imbas jembatan rusak. Jembatan tersebut kini hanya bisa dilalui oleh pejalan kaki.

“Situasi akhir tim sudah melakukan pemasangan garis peringatan. Untuk saat ini, jembatan tersebut hanya bisa dilalui oleh pejalan kaki,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here