2 Dokter di Yogyakarta Positif Corona

0
59
Foto: Ilustrasi Corona

Pradito Rida Pertana – detikNews

Sabtu, 18 Apr 2020 22:46 WIB

Yogyakarta – Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta menyebut saat ini ada dua dokter yang positif virus Corona atau COVID-19. Pasien positif Corona ini sebelumnya disebut pasien dalam pengawasan (PDP).

Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan penambahan jumlah itu terjadi karena dari hasil laboratorium dokter yang berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) ternyata positif COVID-19.

“Sudah (diambil swab) dan positif semua itu. Kalau untuk perawat tidak ada (yang positif COVID-19),” kata Heroe saat dihubungi wartawan, Sabtu (18/4/2020).

Heroe mengatakan satu dari dua dokter itu sudah terpapar virus Corona selama dua pekan, sedangkan satu dokter lainnya baru empat hari.

“Satu yang sudah 2 minggu karena suaminya pulang dari Jakarta. Kemudian yang (dokter kedua) yang baru empat hari itu karena terpapar oleh pasien (COVID-19),” ucapnya.

Namun, Heroe tak mau mengungkap identitas rumah sakit tempat para dokter itu bekerja. Hanya saja keduanya bertugas di Kota Yogyakarta.

“(Kedua dokter positif virus Corona) Dari dua fasilitas layanan kesehatan di Kota Yogyakarta,” cetus Heroe.

Heroe menambahkan saat ini kedua dokter tersebut menjalani isolasi mandiri. Kondisi kedua dokter tersebut, menurut Heroe sudah membaik.

“Untuk kondisi umum sehat. Yang satu isolasi mandiri dengan back up dari rumah sakitnya, dan satunya isolasi di rumah sakit,” ucapnya.

Sebelumnya, Heroe menyebut ada seorang dokter yang berstatus PDP dan satu dokter berstatus positif Corona. Keduanya saat ini telah menjalani isolasi mandiri dan perawatan medis. Heroe merinci dokter yang berstatus PDP karena suami yang bersangkutan pulang dari Jakarta. Sementara dokter yang positif Corona diduga terpapar dari saat menangani pasien Corona.

“Untuk yang 1 PDP itu dokter, terus karena suaminya pulang dari Jakarta lalu dia PDP, karena (suaminya) kerja di Jakarta. Saat ini yang bersangkutan sudah melakukan isolasi mandiri dan masa inkubasinya sudah hampir habis,” ucap Heroe sore tadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here