1 Warga Gorontalo Kena Corona Usai Ijtima Dunia, Jemaah Tablig Lain Diisolasi

0
47
Pemeriksaan Jemaah Tablig di Asrama Haji Gorontalo (Ajis/detikcom)

Ajis Dilakh – detikNews

Jumat, 10 Apr 2020 15:43 WIB

Gorontalo – Salah seorang anggota jemaah tablig di Gorontalo terkonfirmasi positif virus Corona (COVID-19) setelah mengikuti kegiatan ijtima dunia di Gowa. Pemprov Gorontalo mulai memeriksa ratusan anggota jemaah lain dan mengisolasinya di asrama haji Gorontalo.

“Setelah kita rapat Forkompimda Kamis malam lalu di rudis gubernur disepakati untuk memutus mata rantai penyebaran virus ini. Langkah satu-satunya adalah mengkarantina dan melakukan pemeriksaan. Jadi jemaah yang pergi ke Gowa sudah dilakukan tes di kabupaten kota masing-masing,” ujar Sekretaris Gugus Tugas COVID-19 Provinsi Gorontaalo, Sumarwoto, Jumat (10/4/2020).

Sumarwoto menjelaskan, para anggota jemaah tablig itu akan mengikuti rapid test. Bila hasilnya positif, jemaah tersebut akan dirujuk ke rumah sakit Aloei Saboe kota Gorontalo.

“Kalau pemeriksaan di kabupaten kota adalah rapid test. Saat ini jemaah yang masuk dari kabupaten Gorontalo ada 51 dan dari kota Gorontalo 16 orang. Kapasitas mes haji bisa menampung 800 orang,” kata Sumarwoto.

Data jemaah yang ikut ke Gowa berdasarkan data yang dihimpun Forkompimda, kata Sumarwoto, sekitar 300 orang. Mereka tersebar di kabupaten/kota yang ada di Provinsi Gorontalo.

“Hingga kini pasien 01 yang jemaah tablig kini ada baik-baik dan kita doakan bisa cepat sembuh,” lanjut Sumarwoto yang juga menjabat Kepala BPBD Provinsi Gorontalo.

Dia mengingatkan agar warga Gorontalo tidak panik. Warga diminta mengikuti anjuran pemerintah untuk memakai masker dan mencuci tangan.

“Masyarakat agar tenang ini adalah upaya pemerintah untuk menyelamatkan masyarakat Gorontalo. Mohon kepada keluarganya, teman-temannya dan masyarakat tidak perlu khawatir. Harus ikut anjuran pemerintah, memakai masker, rajin cuci tangan, dan tetap di rumah bila tidak ada urusan mendesak,” ujar Sumarwoto.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here