1.005 Pasien Virus Corona di Malaysia Dinyatakan Sembuh

0
45
Ilustrasi -- Petugas medis yang menangani pasien virus Corona di Malaysia (Rahman Roslan/Getty Images)

Novi Christiastuti – detikNews

Senin, 06 Apr 2020 13:33 WIB

Kuala Lumpur – Lebih dari 1.000 pasien virus Corona (COVID-19) di Malaysia dinyatakan telah sembuh. Jumlah itu mencapai 27 persen dari total kasus di negara ini yang kini melebihi 3.600 kasus.

Seperti dilansir media lokal Malaysia, The Star, Senin (6/4/2020), Direktur Jenderal (Dirjen) Kesehatan pada Kementerian Kesehatan Malaysia, Dr Noor Hisham Abdullah, mengumumkan bahwa 90 pasien dinyatakan sembuh dan dipulangkan dari rumah sakit dalam sehari, sepanjang Minggu (5/4) waktu setempat.

Dengan demikian, sejauh ini sudah 1.005 pasien virus Corona yang dinyatakan sembuh dan dipulangkan dari rumah sakit di Malaysia.

Dr Noor Hisham mengumumkan 179 kasus baru, dengan 46 kasus di antaranya masih terkait cluster tablig akbar di Sri Petaling yang menjadi pusat penularan virus Corona terbesar di Malaysia.

Hingga kini, total 3.662 kasus virus Corona terkonfirmasi di Malaysia. Sekitar 99 pasien di antaranya dirawat di Unit Perawatan Intensif (ICU), dengan 48 pasien membutuhkan ventilator atau alat bantuan pernapasan.

Tambahan empat kematian juga dilaporkan sepanjang Minggu (5/4) waktu setempat. Dr Noor Hisham menyebut empat korban meninggal berusia antara 53-72 tahun, dengan tiga orang di antaranya memiliki riwayat penyakit diabetes, hipertensi dan penyakit ginjal.

Jumlah korban meninggal akibat virus Corona di Malaysia bertambah menjadi 61 orang.

Lebih lanjut, Dr Noor Hisham mengimbau warga Malaysia untuk jujur soal kondisi kesehatan dan riwayat perjalanan mereka. Setiap warga Malaysia diminta memberikan keterangan dan penjelasan yang sebenar-benarnya jika mereka menyadari telah melakukan kontak dekat dengan seorang pasien positif virus Corona atau baru saja mengunjungi negara-negara dengan banyak kasus virus Corona.

Imbauan ini disampaikan Dr Noor Hisham setelah sebuah cluster penularan baru terdeteksi di Malaysia, dengan sekelompok pasien virus Corona ternyata memiliki riwayat perjalanan ke Italia dan berakhir menulari 37 orang lainnya. Sedikitnya lima orang meninggal dari cluster tersebut dan kini satu pasien dirawat di ICU.

Dr Noor Hisham juga berharap agar peserta tablig di Pakistan, India dan Indonesia untuk bertindak aktif dengan melapor pada otoritas terkait untuk segera diperiksa begitu tiba di Malaysia. “Kami tidak yakin berapa banyak yang ada di luar negeri sekarang, tapi kami harap mereka diperiksa begitu pulang,” ucapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here