Wow! Penemuan 5 Ikan Kerapu Terbesar di Dunia Ini Bikin Heboh

0
746

Sonia Basoni – detikFood 

Sabtu, 31 Okt 2020 15:00 WIB

Jakarta – Banyak jenisnya, ikan kerapu tak hanya eksis jadi menu di restoran. Ada juga 5 ikan kerapu terbesar di dunia yang bikin heboh.

Dikenal juga dengan nama grouper, ikan kerapu merupakan salah satu ikan yang biasanya ditemui di lautan hingga muara sungai. Ikan yang satu ini sejak dulu terkenal sebagai menu andalan di restoran-restoran seafood.

Tekstur daging ikan kerapu yang lembut dan tebal, membuat ikan ini enak dimakan. Tapi dibalik rasanya yang enak, ternyata ada banyak rekor menarik seputar ikan kerapu di berbagai negara.

Salah satunya penemuan beberapa ikan kerapu yang memiliki bobot dan ukuran terbesar di dunia.

1. Kerapu Kentang

Dilansir dari Sport Fishing Mag (30/10), berikut lima ikan kerapu terbesar di dunia.

Kerapu kentang atau potato grouper, merupakan salah satu jenis ikan kerapu yang biasanya ditemukan di perairan Indo-Pasifik. ikan yang satu ini cukup mudah dikenali karena memiliki bintik-bintik hitam besar, seperti motif anjing Dalmatian.

Pada tahun 2004 lalu, seorang pria bernama Takayuki Shibayama berhasil memecahkan rekor dalam memancing. Pria asal Jepang itu, berhasil menangkap ikan kerapu kentang di perairan Miyako, Okinawa.

Setelah ditimbang dan diukur, ikan kerapu tangkapannya memiliki bobot mencapai 77,5kg. Untuk memancing kerapu ini, Takayuki sengaja menggunakan umpan ikan kakap yang masih hidup.

2. Kerapu Convict

Grouper convict atau kerapu convict merupakan salah satu jenis ikan kerapu yang cukup sulit ditemui. Berbeda dengan kerapu kentang, kerapu convict memiliki warna yang lebih gelap kecoklatan.

Pada tahun 2011 lalu, lagi-lagi seorang pria asal Jepang kembali memecahkan rekor memancing. Pria bernama Koji Yoshida ini, berhasil menangkap ikan kerapu convict seberat 119,7 kg.

Ikan kerapu ini berhasil ditangkap tanpa menggunakan umpan ikan. Melainkan ikan ini masuk ke dalam pancingan saat sedang mencari tempat berlindung di perairan Pulau Yonaguni, Okinawa.

3. Kerapu Kertang

Giant grouper atau kerapu kertang, merupakan ikan bertulang terbesar yang berada di terumbu karang. Ikan yang satu ini cukup populer di perairan Indonesia dan Australia.

Pada tahun 2012 lalu, seorang pria bernama Shayne Keith Nelson berhasil menangkap ikan kerapu raksasa ini. Saat itu Shayne tengah memancing di Pulau Latham, Tanzania.

Setelah ditimbang berat kerapu raksasa ini mencapai 133,8 kg. Untuk menarik ikan kerapu ini, Shayne menggunakan ikan bonito yang mirip seperti cakalang sebagai umpan utamanya.

4. Ikan Kerapu Warsawa

Ikan kerapu warsawa biasanya ditemukan di perairan Florida, Amerika. Ikan kerapu yang satu ini memiliki bobot yang sangat besar dan bisa bertahan hidup lebih dari 50 tahun lamanya.

Pada tahun 1985, seorang pemancing bernama Steve Haeusler asal Florida berhasil menangkap kerapu warsawa terbesar di dunia. Berat ikan raksasa ini mencapai 197,7 kilogram.

Steve terbilang cukup beruntung karena bisa menangkap ikan raksasa ini di antara perairan Florida dan Teluk Meksiko. Foto dengan ikan kerapu raksasa ini terkenal sampai sekarang.

5. Ikan Kerapu Goliath

Goliath grouper merupakan salah satu jenis ikan kerapu yang memiliki ukuran dan bobot paling besar. Ikan ini bahkan masih menempati posisi utama sebagai ikan kerapu terbesar di dunia.

Di tahun 1961, beberapa orang berhasil menangkap satu ekor ikan kerapu goliath sebesar 308kg. Ikan ini ditangkap di laut Fernandina, Florida, menggunakan ikan tenggiri sebagai umpannya.

Selama beberapa puluh tahun terakhir banyak orang yang memburu ikan kerapu goliath ini. Karenanya jumlah ikan kerapu terus menurun. Bahkan kini ikan kerapu goliath masuk ke dalam hewan yang terancam punah, dan dilindungi di Amerika serta Karibia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here