Wanita Ini Berhasil Sembuh dari 2 Pandemi Berbeda, H1N1 dan Virus Corona

0
42
Wanita Singapura berhasil sembuh dari dua pandemi berbeda. (Foto: iStock)

Senin, 13 Apr 2020 13:15 WIB

Achmad Reyhan Dwianto – detikHealth

Jakarta – Nadia Hanim, wanita berusia 36 tahun asal Singapura berhasil sembuh dari dua pandemi yang berbeda yaitu flu babi (H1N1) di tahun 2009 dan virus Corona COVID-19.

Dikutip dari Asia One, sebelas tahun lalu Nadia berjuang melawan flu H1N1 yang dideritanya dan hampir putus asa.

“Aku mengira itu hanya flu biasa dan aku bangun terengah-engah. Seolah-olah paru-paruku tidak berfungsi,” ucap Nadia menceritakan kisahnya saat terinfeksi flu H1N1.

Pada saat itu, ayah dan saudara perempuannya langsung membawa Nadia ke Rumah Sakit Umum Changi (CGH) untuk bisa mendapatkan perawatan medis.

“Paru-paruku terasa terbakar dan mataku berair. Aku terengah-engah berusaha keras untuk bisa bernapas. Dalam pikiranku, aku mengatakan pada Tuhan bahwa aku siap jika hidupku berakhir,” kata Nadia.

Pada akhirnya setelah melalui berbagai macam perawatan, ia berhasil sembuh dari penyakit flu H1N1. Sayangnya setelah satu dekade sembuh dari penyakit mematikan itu, Nadia kembali mengalami mimpi buruk yaitu positif terinfeksi virus Corona COVID-19.

Nadia dinyatakan positif virus Corona pada 13 Maret kemarin, setelah melakukan perjalanan ke Jakarta untuk urusan pekerjaan. Ia mengalami gejala seperti sakit kepala, badan pegal-pegal, dan demam hingga 39,2 derajat celcius.

“Aku merasa mati rasa, tercengang dan kehilangan kata-kata,” kata Nadia.

“Aku tidak panik, tetapi pikiranku berpacu. Aku mencoba mengingat orang-orang yang telah berhubungan dekat denganku. Pikiran pertamaku adalah anak-anak dan suamiku,” lanjutnya.

Nadia kembali di rawat di Rumah Sakit Umum Changi hingga akhirnya dinyatakan sembuh pada 29 Maret kemarin, setelah hasil tes swabnya menunjukkan hasil negatif. Ia pun akhirnya diperbolehkan pulang oleh pihak rumah sakit dan bisa bertemu kembali dengan keluarganya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here