Vietnam Laporkan Kasus Pertama Varian Baru Corona di Wilayahnya

0
24
Ilustrasi -- Situasi pandemi Corona di Vietnam (Getty Images/Linh Pham)

Novi Christiastuti – detikNews

Sabtu, 02 Jan 2021 17:14 WIB

Hanoi – Otoritas Vietnam mendeteksi kasus pertama untuk varian baru virus Corona (COVID-19) yang menyebar luas di Inggris dan sekitarnya. Satu kasus varian baru Corona ini dibawa oleh seorang warga Vietnam yang baru dipulangkan dari Inggris.

Seperti dilansir Reuters, Sabtu (2/1/2021), Kementerian Kesehatan Vietnam dalam pernyataannya mengumumkan bahwa satu kasus varian baru Corona terdeteksi dari seorang wanita berusia 44 tahun yang baru kembali ke Vietnam dari Inggris.

Wanita itu dikarantina setibanya di Vietnam dan dikonfirmasi positif Corona pada 24 Desember lalu.

“Para peneliti melakukan pengurutan gen (gene-sequencing) pada sampel pasien dan menemukan strain itu sebagai varian yang dikenal sebagai ‘VOC 202012/01’,” demikian pernyataan Kementerian Kesehatan Vietnam.

Varian tersebut merupakan varian baru yang menyebar luas di Inggris, yang disebut sebagai mutasi genetik yang secara teori, bisa menyebabkan penularan virus lebih mudah di antara manusia.

Negara-negara di dunia telah memutuskan rantai perjalanan dari dan ke Inggris untuk mencegah penyebaran varian baru Corona. Para ilmuwan menyebut varian baru Corona itu sekitar 40-70 persen lebih mudah menular dibandingkan virus aslinya.

Namun Vietnam diketahui masih mengoperasikan penerbangan untuk memulangkan warganya yang terjebak di Inggris di tengah pandemi Corona.

Dengan langkah karantina dan pelacakan ketat, Vietnam bisa dengan cepat mengatasi penularan Corona, yang memungkinkan aktivitas perekonomian pulih lebih cepat daripada sebagian besar negara-negara Asia.

Sejauh ini, total 1.474 kasus Corona terkonfirmasi di Vietnam, dengan 35 kematian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here