BERANDA

UAD Luncurkan Mobil Listrik Sukseskan Muktamar Muhammadiyah Ke-48

Ahad 13 Nov 2022 14:06 WIB

Rep: Silvy Dian Setiawan / Red: Hiru Muhammad

Mobil listrik itu bernama Smart Electric Vehicle of Ahmad Dahlan (SEVADA) 1.

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA — Universitas Ahmad Dahlan (UAD) meluncurkan mobil listrik untuk mensukseskan gelaran Muktamar Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah ke-48. Muktamar sendiri digelar pada 18 hingga 20 November 2022 nanti.

Mobil listrik bernama Smart Electric Vehicle of Ahmad Dahlan (SEVADA) 1 itu diluncurkan untuk bertolak ke lokasi penyelenggaraan Muktamar, yakni di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Surakarta, Jawa Tengah.

Selain mobil listrik milik UAD, juga diluncurkan mobil listrik Suryawangsa 3 yang dirancang oleh SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi, Malang. Keduanya sudah bertolak ke Surakarta pada 11 November.

Rektor UAD, Muchlas mengaku bangga atas pencapaian tim dalam mengembangkan menciptakan dan mengembangkan mobil listrik tersebut. Untuk tim pengembang SEVADA 1, Muchlas juga menuturkan terimakasih yang sudah melakukan perancangan, sehingga menjadikan mobil listrik ini dapat digunakan untuk mensukseskan muktamar.

“Penciptaan mobil listrik merupakan langkah UAD untuk mendukung Muktamar 48. Berbeda dengan gelaran sebelumnya, muktamar kali ini sarat dengan teknologi,” kata Muchlas yang juga advisor tim pengembangan SEVADA 1.

Dijelaskan bahwa kedua mobil listrik baik SEVADA 1 maupun Suryawangsa 3, sama-sama dirancang sebagai mobil listrik pintar yang ramah lingkungan. Keduanya, dikatakan memiliki keunggulan masing-masing dan siap digunakan untuk menyukseskan Muktamar Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah ke-48.

Dalam peluncuran kedua mobil listrik ini, juga dihadiri oleh co-advisor dari tim pengembang SEVADA 1 dan tim pengembang Suryawangsa 3, yakni Utik Bidayati.

Usai dilakukannya peluncuran, kedua mobil listrik ini digunakan untuk mengelilingi area Kampus 4 UAD. Kedua tim pengemban mobil listrik tersebut juga berharap, melalui rancangan mobil listrik ini dapat membawa kebermanfaatan bagi persyarikatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *