Treat Diet, Makan Enak Sambil Turunkan Berat Badan

0
69
hortcake. Dengan treat diet, orang tetap bisa makan enak, termasuk mengudap sepotong shortcake bernilai kalori di bawah 150

Selasa 28 Jan 2020 10:40 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Reiny Dwinanda

Dengan treat diet, orang masih bisa makan enak sambil mencoba menurunkan berat badan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Banyak orang memiliki resolusi di tahun yang baru untuk mendapatkan berat badan ideal. Namun, sebuah penelitian menunjukkan pada 19 Januari atau 19 hari setelah awal dari lembaran baru hari di dunia ini, tekad serta rencana-rencana untuk mencapai hal yang diinginkan mulai surut.

Tak sedikit orang yang mulai melupakan tujuan mereka untuk melakukan diet dan meraih berat badan ideal. Meski demikian, sebenarnya ada cara untuk dapat tetap mencapai tujuan itu, bahkan dengan hasil yang mungkin bisa bertahan selamanya.

Dilansir The Sun, seorang ahli diet bernama Terri Ann Nunns mengklaim telah menemukan cara yang seru untuk menerankan berat badan. Nunns menyebut, treat diet merupakan jawaban untuk penurunan berat badan yang berkelanjutan.

Dengan treat diet, orang bisa tetap makanan enak setiap harinya. Jenis makanan manis pun tak dilarang, namun porsinya dibatasi.

“Ini mungkin terlihat kontraproduktif, tetapi makan enak benar-benar adalah cara untuk menurunkan berat badan dan yang lebih penting, tetap melakukannya,” ujar Nunns.

Menurut Nunns, dengan mengurangi dan membatasi makanan serta melakukan perubahan gaya hidup dengan ekstra mungkin membantu untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Namun, hal ini pada akhirnya bisa membuat Anda terlalu lama menahan keinginan untuk melakukan segala hal yang menjadi pantangan, hingga saat sudah lelah menahan nafsu akan sulit untuk mengendalikan diri.

“Membiarkan diri Anda mendapatkan suguhan kecil sehari-hari membantu untuk tetap mengendalikan rasa mengidam dan membuat diet bertahan berkelanjutan dalam jangka panjang,” jelas Nunns.

Lebih lanjut, Nunns mengatakan hampir tak ada orang yang ingin menghentikan keinginan mengkonsumsi makanan seperti cokelat selama sisa hidup mereka. Karena itu, treat diet menjadi cara untuk tetap memasukkan makanan favorit sehari-hari dengan cara yang tidak merusak kesehatan secara keseluruhan.

Berikut tip yang dibagikan Nunns untuk melakukan treat diet:

1. Konsumsi makanan di bawah 150 kalori
Memanjakan diri bukan berarti Anda harus mengonsumsi es krim hingga satu cup besar setiap harinya. Dengan treat diet, Anda tetap boleh memakan es krim favorit dalam jumlah sedikit sebatas untuk memuaskan keinginan.

Sering kali, makan dalam jumlah kecil sudah cukup untuk memuaskan hasrat atau keinginan, tanpa perlu mengasup banyak kalori. Untuk hasil terbaik, siapkan makanan kegemaran dengan kandungan di bawah 150 kalori per hari saat melakukan treat diet.

Satu porsi Cadbury chocolate mousse, 20 gram dark chocolate, dua keping biskuit jahe, 20 gram popcorn manis, serta satu shortcake cukup untuk memanjakan lidah tanpa membahayakan diet. Itu semua nilai kalorinya di bawah 50.

2. Rencanakan jenis makanan
Selalu konsisten untuk melakukan sesuatu hal mungkin cukup sulit. Namun, Anda bisa membuatnya lebih mudah dengan merencanakan terlebih dahulu seluruh jenis makanan yang hendak dikonsumsi sesuai keinginan, termasuk makanan ringan dan camilan.

Mengetahui apa yang akan dimakan setiap harinya akan mengurangi kemungkinan untuk mengonsumsi makanan yang tinggi kalori, sehingga membahayakan diet. Menambahkan daftar camilan juga membantu untuk menjaga konsistensi treat diet, terlebih ketika Anda mulai merasa tergoda.

3. Hindari hari curang
Beberapa metode diet menerapkan cheat days, hari di mana Anda diperbolehkan untuk mengonsumsi seluruh jenis makanan yang disukai, bahkan dengan jumlah sepuasnya. Namun, sebenarnya hal ini justru menyebabkan Anda bisa makan berlebihan, bahkan bisa merusak diet yang sudah dijalankan berhari-hari sebelumnya.

4. Nikmati pengalaman
Orang-orang cenderung lepas kendali hingga mengonsumsi makanan dalam jumlah berlebih dan tidak sehat dalam berbagai kesempatan, seperti ketika sedang bepergian, menonton televisi, dan berbagai waktu senggang dan menyenangkan lainnya. Namun, salah satu yang tetap penting untuk diingat adalah meluangkan waktu untuk menikmati pengalaman saat menjalani treat diet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here