Terungkap! Ini yang Dibahas Erick Thohir dengan Bos Besar Freeport

0
38

Achmad Dwi Afriyadi – detikFinance
Rabu, 13 Des 2023 12:35 WIB

Jakarta – Menteri BUMN, Erick Thohir baru saja bertemu Chairman of the Board and Chief Executive Officer Freeport-McMoRan, Richard C Adkerson. Erick mengatakan, pertemuannya dengan petinggi Freeport global itu membahas hilirisasi. Erick bilang, pembangunan smelter tahap 2 akan rampung Mei 2024.
“(Bahas) Hilirisasi, karena Freeport kan sudah puluhan tahun, baru pertama ini di bawah pemerintahan Pak Jokowi mereka mulai berinvestasi di smelter untuk turunannya untuk tahap 1, 1-2 hari ini kita akan tinjau. Untuk nanti yang tahap 2 insyaallah Mei sudah bisa selesai, tapi mulai beroperasinya biasa kalau pabrik perlu 2-3 bulan,” terangnya usai menghadiri Perayaan Hari Ibu dan Peluncuran Employee Well-Being Policy, Jakarta, Rabu (13/12/2023).

Menurutnya, hal itu luar biasa. Sebab, selama ini Indonesia mengirimkan barang mentah. “Jadi peningkatan value atau turunannya bisa di ada Indonesia, tidak dikirim ke negara lain terus,” ungkap Erick.

Saat ditanya mengenai perpanjangan kontrak Freeport, Erick mengatakan, hal itu sudah dibahas. Dia juga mengatakan, BUMN nantinya punya tambahan saham 10% di Freeport Indonesia.

“Itu kan sudah dibahas, kan sudah disetujui, tinggal proses penyelesaian smelternya ini benar-benar jadi baru diperpanjang gitu. Memang hal seperti itu, tetapi saham dari BUMN nanti kalau jatuh tempo kita akan punya tambah 10% jadi 61%,” terangnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here