Sekolah Ditutup China Gegara Puluhan Siswa Kena Corona

0
10

Tim detikcom – detikNews

Selasa, 14 Sep 2021 20:14 WIB

Jakarta – China kembali mencatat kenaikan kasus Covid-19 baru-baru ini. Kali ini kenaikan kasus terjadi karena puluhan siswa yang tercatat positif Covid-19.

Puluhan siswa ini diketahui berada di sebuah sekolah dasar di Provinsi Fujian. Hal ini pun berimbas pada penutupan sekolah-sekolah di Kota-kota di China Selatan.

Dilansir AFP, Selasa (14/9), otoritas Putian, kota berpenduduk 3,2 juta jiwa di provinsi pesisir Fujian, memerintahkan tes Corona pada penduduknya. Semua guru dan pelajar juga diminta untuk melakukan tes Corona.

Klaster Fujian adalah kemunculan kasus terbesar dalam beberapa minggu ini. Kasus terbesar ini terjadi China menyatakan wabah COVID-19 yang dipicu oleh varian Delta telah terkendali.

China diketahui melaporkan 59 kasus baru yang ditularkan di dalam negeri pada hari Selasa (14/9). Jumlah ini naik dari 22 kasus di hari sebelumnya, semua kasus berada di provinsi Fujian.

Pihak berwenang menuturkan pasien pertama yang dicurigai di klaster Fujian berasal dari seorang pria yang baru saja kembali dari Singapura. Pria ini awalnya dites negatif, namun mengalami gejala setelah menyelesaikan karantina selama 14 hari.

Putra pria itu yang berusia 12 tahun dan seorang teman sekelasnya termasuk di antara pasien pertama yang terdeteksi terinfeksi minggu lalu. Hal ini diketahui tak lama setelah masa sekolah baru dimulai.

Varian lantas disebut menyebar di ruang-ruang kelas. Tercatat varian delta menginfeksi lebih dari 36 anak termasuk 8 anak Taman Kanak-kanak (TK).

Kasus ini menjadi penyebaran besar pertama terkait sekolah di negara itu sejak awal pandemi.

Pemerintah Putian telah memerintahkan sekolah-sekolah untuk menghentikan kelas tatap muka mulai Senin (13/9) waktu setempat. Kota pelabuhan terdekat, Xiamen mengikuti langkah ini pada hari Selasa (14/9) dan menutup layanan bus jarak jauh, serta memerintahkan semua penduduk untuk dites Corona.

Tidak hanya itu, tempat-tempat umum, seperti bioskop, museum, dan perpustakaan diperintahkan untuk menangguhkan kegiatan di dalam ruangan. Adapun semua restoran telah diinstruksikan untuk membatasi jam operasional.

Kota-kota terdekat, seperti Xiamen dan Quanzhou, juga terdampak wabah.

Sebanyak 32 kasus Covid berhasil dilacak di Xiamen pada Senin (13/09). Ketika dilacak, sebagian besar di antara kasus-kasus itu bersumber dari Kota Putian.

Menurut kantor berita resmi China, Xinhua, otoritas China telah memberikan lebih dari dua miliar dosis vaksin COVID-19 hingga hari Minggu (12/9), cukup untuk memvaksinasi penuh sekitar 70 persen populasinya. Tetapi sebagian besar anak kecil tetap tidak divaksinasi, hingga memicu ketakutan bahwa wabah Fujian terbaru dapat menyerang orang-orang yang paling rentan di negara itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here