TIMUR TENGAH

Rudal Israel Hantam Ibu Kota Suriah, 15 Orang Tewas

Rita Uli Hutapea – detikNews
Senin, 20 Feb 2023 13:20 WIB

Jakarta – Korban jiwa akibat serangan udara Israel di Damaskus, ibu kota Suriah telah bertambah menjadi 15 orang, termasuk dua warga sipil Suriah. Serangan itu merusak parah sebuah gedung di distrik Damaskus yang menampung badan-badan keamanan negara.
Dilansir kantor berita AFP, Senin (20/2/2023), serangan pada Minggu (19/2) waktu setempat itu menargetkan pertemuan yang melibatkan para pejabat rezim Suriah. Ini merupakan “serangan Israel paling mematikan di ibu kota Suriah” sejak perang saudara dimulai, kata Rami Abdel Rahman, kepala kelompok Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia.

Serangan rudal Israel tersebut merusak jalan dan menghancurkan gedung 10 lantai di distrik Kafr Sousa, yang merupakan rumah bagi pejabat-pejabat senior negara dan markas intelijen Suriah, kata Observatorium yang berbasis di Inggris itu.

Seorang wanita juga tewas di distrik Mazraa, kemungkinan akibat terkena amunisi anti-pesawat Suriah.

Belum jelas siapa sasaran serangan itu, yang dilaporkan koresponden AFP mengguncang Damaskus dan meninggalkan lubang menganga di jalan.

Rudal-rudal lain menghantam sebuah gudang yang digunakan oleh petempur pro-rezim Iran dan Hizbullah di dekat Damaskus, kata Observatorium, yang pelaporannya berasal dari jaringan sumber yang luas di Suriah.

Sebelumnya, Kementerian Pertahanan Suriah menyatakan lima orang tewas akibat serangan udara Israel tersebut, termasuk satu tentara, dan 15 warga sipil terluka, beberapa di antaranya dalam kondisi kritis.
Menteri Luar Negeri Suriah Faisal Mekdad mengatakan bahwa serangan itu adalah “kejahatan terhadap kemanusiaan, terutama karena Suriah berpacu dengan waktu untuk menghadapi konsekuensi bencana dari gempa dahsyat beberapa hari lalu”.

Suriah saat ini berusaha untuk pulih dari gempa bermagnitudo 7,8 yang terjadi pada 6 Februari lalu. Gempa itu tidak berdampak bagi penduduk Damaskus tetapi menewaskan lebih dari 44.000 orang di seluruh bagian utara dan barat negara itu, dan Turki selatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *