PSBB, Polisi Antisipasi Kriminalitas yang Bergeser ke Toko-Jalanan

0
37
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus (Foto: Lamhot Aritonang)

Matius Alfons – detikNews

Minggu, 19 Apr 2020 05:15 WIB

Jakarta – Polda Metro Jaya melakukan mapping terkait tingkat kriminalitas yang terjadi saat penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Selain meningkatkan patroli, pihak kepolisian juga menyebut kejahatan saat ini bergeser dari perumahan ke jalanan.

“Iya menanggapi (tingkat kriminalitas di masa PSBB) itu tentu kita tetap meningkatkan patroli, patroli tetap akan kita tingkatkan dan kita akan mapping,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus saat dihubungi, Sabtu (18/4/2020).

Yusri mengatakan kejahatan yang terjadi saat ini bergeser dari sebelumnya banyak di perumahan, menjadi di jalanan dan di mini market. Karena itu, dia mengimbau agar masyarakat lebih berhati-hati jika hendak keluar.

“Sekarang ini pergerakan mereka tidak mungkin ke rumah-rumah, tapi mereka bermain di jalanan dan di tempat-tempat mini market, karena sekarang ini kan orang physical distancing dan masyarakat cenderung di rumah saja, mau rampok dan maling rumah kan juga nggak mungkin,” ucap Yusri.

“Ya jadi tetap patroli kita tingkatkan lebih masif ini di seluruh polres dan polsek. Semua kita tingkatkan untuk antisipasi kejahatan ini,” sambungnya.

Yusri menyebut kondisi sulit saat ini memang berpengaruh terhadap tingkat kriminalitas. Meski demikian, dia enggan menyebut adanya peningkatan kriminalitas saat ini.

“Sebenarnya nggak bisa kita bilang meningkat, lebih banyak di hari biasa, cuma karena situasi pandemi sekarang seperti ini, tapi kita nggak mau simpulkan dulu lah ya,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here