PENDIDIKAN

Prodi Ilmu Komputer Kampus Digital Bisnis UNM Sukses Gelar Webinar Python Programming

Kamis 22 Dec 2022 14:44 WIB

Red: Gita Amanda

Kegiatan ini merupakan agenda rutin setiap semester yang digelar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Program Magister Program Studi (prodi) Ilmu Komputer Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM) telah menyelenggarakan seminar daring dengan tajuk “Webinar Python Programming Applied to Research”. Kegiatan ini mengangkat tema “Python Skills to Write Code and Analyze Data” pada Ahad (18/12/2022). Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa semester 3 yang mengambil peminatan data mining dan software engineering, serta terbuka untuk peserta umum.

Dr Agus Subekti selaku Ketua Prodi (Kaprodi) Ilmu Komputer UNM yang turut hadir pada acara ini mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda rutin setiap semester yang digelar dalam rangka memberikan wawasan yang lebih luas mengenai bahasa pemrograman Python juga sebagai bekal untuk mendukung riset dan persiapan menyusun tesis di semester 4. 

“Python merupakan tools yang sangat populer digunakan dalam penelitian data mining dan software engineering karena tersedia banyak sekali library, sehingga dalam menggunakan tools tersebut diperlukan skill, termasuk dalam menuliskan kode program dan menganalisa datanya,” terang Dr Agus mengawali acara dengan sambutan.

Sementara itu, seminar daring ini menghadirkan narasumber M Octaviano Pratama selaku president director dari BISA AI Academy dengan membawakan materi mengenai Exploratory Data Analysis (EDA).

“EDA merupakan bagian dari proses data science sebagai langkah yang sangat penting dalam analisis data. Dengan melakukan EDA, peneliti akan dapat lebih menghemat waktu dalam proses analisis data, dapat mengetahui distribusi data, kesalahan dalam data seperti adanya missing value dan outliers, dapat mengetahui korelasi, dan lainnya,” jelasnya.

Selain menjelaskan secara teori, Octaviano juga memandu peserta secara langsung untuk memahami data menggunakan tools Microsoft Excel, dan dilanjutkan dengan tools Google Colab untuk praktik bahasa pemrograman Python.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *