Nomor Antrean Faskes BPJS Kesehatan Bisa Diambil Online, Begini Caranya

0
52

Ignacio Geordi Oswaldo – detikFinance
Rabu, 23 Mar 2022 10:41 WIB

Jakarta – Nomor antrean faskes BPJS Kesehatan kini sudah dapat diambil peserta secara online. Dengan demikian peserta BPJS Kesehatan dapat berobat di faskes yang dipilih tanpa perlu lama mengantre.
Nomor antrean yang diperoleh dari layanan antrean online BPJS Kesehatan sudah terhubung dengan faskes terkait. Nasabah yang sudah berhasil memperoleh nomor antrean, dapat mendatangi faskes sesuai dengan waktu yang tertera dan mendapatkan pelayanan dari dokter.

Bahkan dengan adanya layanan ini, Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti mengatakan bahwa peserta tak perlu lagi antre 5-6 jam untuk berobat. Ali menjelaskan melalui antrean online itu peserta bisa tahu jam berapa pelayanan akan diberikan dan berapa nomor urut yang ada di dalam antrean online di faskes.

“Kita juga berfokus meningkatkan mutu termasuk sekarang ini peserta BPJS meskipun belum seluruhnya, dapat akses tentang antrean secara online dari rumah. Tidak perlu lagi antri 5-6 jam, tapi bisa tahu kapan pelayanan akan diberikan dan nomor urut berapa dia di dalam antrian online di faskes,” ujarnya saat launching Instruksi Presiden No. 1 Tahun 2022, Kamis (03/02/2022).

Dengan demikian sistem antrian faskes BPJS Kesehatan dapat sangat membantu dalam pelaksaan kegiatan masyarakat berobat ke fasilitas kesehatan. Lantas bagaimana cara mendaftar antrian online BPJS Kesehatan?

Secara umum nomor antrean faskes BPJS Kesehatan dapat diambil secara online melalui 2 cara, yakni via aplikasi dan via website. Nah, untuk kamu yang pengin mendapatkan nomor antrean faskes BPJS Kesehatan secara online, berikut caranya:

Cara Daftar Antrean Faskes BPJS Kesehatan via Aplikasi

1. Buka aplikasi Mobile JKN, login menggunakan email atau nomor BPJS serta password yang didaftarkan sebelumnya.

2. Pilih menu “Pendaftaran Pelayanan.”

3. Pilih Poli yang akan dituju (jika perlu dirujuk ke rumah sakit, Anda dapat memilih menu antrean).

4. Nomor antrean akan diterima secara otomatis.

Cara Daftar Antrean Faskes BPJS Kesehatan via Website

1. Buka laman antrean.bpjs-kesehatan.go.id/antrean-faskes/#/access/signin

2. Masukan username, password dan kode captcha

3. Setelah masuk, maka menu dashboard akan ditampilkan

4. Pilihlah menu console box

5. Klik tombol open pada console box tersebut, maka akan tampil halaman console box yakni Peserta BPJS dan Non Peserta BPJS

6. Untuk melakukan pengambilan nomor antrean peserta BPJS, pilihlah menu BPJS (bagi peserta BPJS)

7. Masukkan nomor peserta BPJS atau NIK peserta, kemudian pilihlah poli yang akan dituju

8. Klik lanjutkan untuk mengambil nomor antrean pasien

9. Nomor antrean akan muncul, peserta dapat mencetak nomor antrean faskes BPJS untuk dibawa ke faskes untuk memperoleh pengobatan.

Demikian cara mendapatkan nomor antrean faskes BPJS Kesehatan secara online. Selamat mencoba ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here