Menlu AS Tuduh China Sudah Tahu Soal Virus Corona pada November 2019

0
45
Mike Pompeo (Foto: AP Photo/ Evan Vucci)

Rita Uli Hutapea – detikNews

Jumat, 24 Apr 2020 08:22 WIB

Washington – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo menuduh bahwa China mungkin telah mengetahui soal virus Corona pada November 2019. Pompeo pun kembali mengulang tuduhannya bahwa Beijing tidak transparan.

Pompeo menduga virus mematikan itu telah ditemukan sejak November. Namun China baru membukanya pada Desember 2019.

“Anda akan ingat bahwa kasus-kasus pertama ini diketahui oleh pemerintah China mungkin paling cepat November, tetapi sudah pasti pada pertengahan Desember,” ujar Pompeo seperti dilansir AFP, Jumat (24/4/2020).

“Mereka lamban mengidentifikasi ini untuk siapapun di dunia, termasuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO -red),” kata Menlu AS itu dalam wawancara dengan penyiar radio Larry O’Connor.

Pompeo mengatakan bahwa pemerintah AS masih menginginkan informasi lebih banyak dari China, termasuk mengenai sampe asli dari virus SARS-CoV-2 yang terdeteksi di kota Wuhan, tempat pertama kalinya virus ini ditemukan.

“Masalah transparansi ini penting bukan hanya sebagai masalah historis untuk memahami apa yang terjadi pada bulan November dan Desember dan Januari, tetapi juga penting hingga hari ini,” tandas Menlu AS itu.

“Ini masih berdampak pada banyak kehidupan di sini di Amerika Serikat dan, terus terang, di seluruh dunia,” imbuh Pompeo.

Pemerintah China awalnya menjaga ketat informasi mengenai virus Corona dan menahan mereka yang melaporkan kasus tersebut. Pengakuan resmi pertama disampaikan pada 31 Desember 2019 ketika otoritas di Wuhan melaporkan adanya kasus-kasus pneumonia misterius.

Menurut Michael Ryan, direktur darurat di WHO, badan kesehatan PBB itu pertama kali menyebut soal peristiwa di Wuhan pada 4 Januari via Twitter dan memberikan informasi detail keesokan harinya kepada semua negara anggota WHO.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here