Menanti Gebrakan Wagub Riza Patria Dampingi Anies Baswedan

0
41
Gubernur DKI Anies Baswedan bersama Wagub DKI Ahmad Riza Patria (Foto: Instagram @aniesbaswedan)

Tim detikcom – detikNews

Kamis, 16 Apr 2020 06:30 WIB

Jakarta – Ahmad Riza Patria resmi menjadi Wakil Gubernur DKI. Kini gebrakan orang nomor dua di Ibu Kota itu pun dinanti publik.

Riza resmi menjadi Wagub DKI setelah dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (15/4/2020). Prosesi pelantikan kali ini sedikit berbeda karena menjalankan protokol kesehatan di tengah masa pandemi virus Corona.

Acara pelantikan ini dihadiri oleh Gubernur DKI Anies Baswedan dan Ketum Gerindra sekaligus Menhan Prabowo Subianto. Selain itu, hadir pula Sekda DKI Saefullah dan Ketua DPRD Prasetio Edi Marsudi.

Seusai dilantik, Riza menyatakan kesiapannya untuk membantu Anies dalam menangani wabah virus Corona di Ibu Kota. Dia berharap masalah ini bisa diselesaikan dengan baik.

“Mudah-mudahan kehadiran saya di DKI Jakarta bisa membantu program-program yang sudah ditetapkan dan khususnya kita dalam menangani COVID-19. Kami berharap masalah ini bisa kami selesaikan secara baik,” kata Riza seusai dilantik di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat.

Riza mengaku sudah bertemu langsung dengan Anies untuk membicarakan penanganan Corona di DKI. Dia berjanji melaksanakan tugas sesuai aturan yang berlaku.

“Saya juga sudah ketemu, diundang pak gubernur, dijelaskan situasi dan kondisi terkait virus Corona yang sudah menyebar. Dan kami akan melaksanakan peraturan perundang-undangan juga terkait PSBB yang ada. Mudah-mudahan kami bisa menangani virus Corona dengan baik,” kata politikus asal Gerindra ini.

“Sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan saya akan melaksanakan tugas saya sebagai wakil gubernur DKI Jakarta membantu Pak Gubernur DKI Jakarta Pak Anies Rasyid Baswedan melaksanakan visi-misi program, RPJMD yang telah ditetapkan DPRD,” sambung dia.

Setelah itu, Anies langsung menyambut Riza di Balai Kota. Anies siap bekerja sama dengan Riza untuk warga Jakarta.

Momen Anies menyambut Riza itu diunggah di akun Instagram @aniesbaswedan. Anies, yang memakai jas dan masker, tampak duduk berdampingan dengan Riza, yang mengenakan seragam putih.

“Menyambut Bang Riza Patria di Balai Kota hari ini, setelah resmi dilantik sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta 2017-2022,” tulis Anies.

Anies mengaku senang kini kembali mempunyai pendamping di Ibu Kota. Dia siap berkolaborasi untuk kemajuan Jakarta.

“Saat Jakarta di hari-hari ini sedang menghadapi tantangan ini, kini kembali punya tandem di Balai Kota. Insyaallah kita akan bekerja sama untuk masyarakat Jakarta, untuk kemajuan Jakarta.⁣ Mari maju bersama!” ujar Anies.

Sementara itu, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi mengucapkan selamat kepada Riza karena sudah resmi menjadi Wagub DKI Jakarta. Kursi Wagub sendiri telah kosong selama lebih dari satu tahun setelah Sandiaga Uno mundur untuk maju di Pilpres 2019 pada Agustus 2018.

“Saya ingin mengucapkan dulu terutama untuk warga Jakarta yang saat ini telah memiliki Wakil Gubernur sebagai pendamping Pak Gubernur. Selanjutnya saya ucapkan selamat kepada saudara Ahmad Riza Patria karena telah definitif mengemban jabatan sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta,” kata Prasetio kepada wartawan.

Dia meminta Riza mengawasi bantuan sosial (bansos) wabah virus Corona. Riza juga diminta turun mengecek bantuan tersebut secara langsung.

“Ini nomor satu yang harus dilakukan, bagaimana soal penanganannya. Saya berharap Pak Wagub mau melihat langsunglah bagaimana warga miskin dan rentan miskin yang terdampak pembatasan karena virus ini. Apa yang mereka butuhkan, tolong sentuh langsung. Bantuan yang diberikan awasi distribusinya,” ucap Prasetio.

Bansos yang diberikan kepada warga berisi kebutuhan pokok, serta dua masker kain. Prasetio menyoroti bantuan masker yang dianggap tidak sesuai standar.

“Satu lagi, masker dalam paket bantuan yang diberikan kepada warga, saya minta untuk diperbaiki kualitasnya. Masker kain buat warga harus berstandar seperti yang dianjurkan WHO,” kata Prasetio.

Prasetio pun memberikan saran soal pembagian kerja bersama Gubernur Anies Baswedan. Menurutnya, harus ada pembagian tugas di lapangan dan kantor antara gubernur dan wakil gubernur.

“Soal itu (pembagian kerja) saya serahkan kepada Pak Anies dan Pak Riza. Untuk urusan di dalam kantor siapa, dan siapa di lapangan itu kewenangan pasangan kepala daerah. Tetapi saya berharap, salah satu dari pasangan kepala daerah ini ada yang rajin ke lapangan. Karena memang masalah itu adanya di lapangan, bukan di dalam kantor,” ucap Prasetio.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here