Lucinta Luna Dipastikan Ditahan di Sel Perempuan, Polisi: Statusnya Wanita

0
53
Foto: Lucinta Luna meminta maaf soal kasus narkoba (Yogi Ernest/detikcom)

Yogi – detikNews

Kamis, 13 Feb 2020 12:00 WIB

Jakarta – Lucinta Luna dipastikan bakal ditahan di sel khusus perempuan. Hal ini dipastikan setelah polisi mendapatkan surat putusan pengadilan terkait perubahan gender dan identitas Lucinta Luna.

“Sudah saya jelaskan tadi, statusnya itu wanita,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (13/2/2020).

Yusri mengatakan, pihaknya saat ini masih melakukan pemeriksaan terhadap Lucinta Luna. Untuk sementara ini, Lucinta Luna akan ditempatkan di sel khusus dan dititipkan di Rutan Polda Metro Jaya.

“Tapi sekarang masih kita tempatkan di sel khusus dulu, karena Polres Jakbar masih nitip di Polda,” katanya.

Sebelumnya, polisi kebingungan menempatkan Lucinta Luna di sel perempuan atau laki-laki. Polisi kemudian mendapatkan surat putusan dari Pengadilan Negeri Jakarta Selatan yang mengabulkan permohonan perubahan gender dan identitas Lucinta Luna pada Desember 2019.

“Panjang sekali kalau saya bacakan di sini, yang penting ini inti dari keputusan itu bahwa menyatakan di sini yang bersangkutan permohonannya diterima,” kata Yusri.

“Di sini saya bacakan: pertama, mengabulkan permohonan pemohon; kedua, mengizinkan pemohon mengganti status jenis kelamin pemohon yang semula jenis kelamin laki-laki menjadi perempuan dan mengganti nama dari MF (Muhammad Fatah) menjadi AP (Ayluna Putri); ketiga, memerintahkan kepada kantor Dinas Duckapil Jakarta Selatan untuk merubah dan memperbaiki kutipan akte yang bersangkutan dari MF menjadi AP dengan jenis kelamin perempuan dengan segala akibat hukumannya,” Yusri membacakan isi surat dari PN Jaksel tersebut.

Pada Rabu (12/3) malam, manajer Lucinta Luna Yohana juga telah menunjukkan paspor Lucinta Luna. Dalam paspor tersebut, tercatat nama Ayluna Putri dengan jenis kelamin perempuan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here