Lampu PJU di Kota Malang Dipadamkan Saat PPKM Darurat, Rawan Kriminalitas?

0
5

Muhammad Aminudin – detikNews

Selasa, 06 Jul 2021 16:37 WIB

Malang – Sejumlah ruas jalan di Kota Malang gelap gulita karena pemadaman lampu jalan. Kebijakan ini akan berlaku selama PPKM darurat.

Polisi menyakinkan tindak kriminalitas saat pemadaman lampu jalan minim. Sebab, ratusan personel gabungan diterjunkan selama PPKM darurat.

“Kriminalitas justru relatif menurun, karena anggota tersebar di beberapa lokasi PPKM darurat dan mikro,” ucap Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto kepada detikcom, Selasa (6/7/2021).

Jumlah personel gabungan yang diterjunkan saat PPKM darurat sebanyak 530 personel, terdiri dari 280 personel Polresta Malang Kota, 100 personel TNI, dan 150 personel Satpol PP dan Dishub Kota Malang.

Tentang adanya kejadian kriminalitas yaitu pencurian kendaraan bermotor, kata Budi, bukan terjadi saat pemadaman lampu jalan.

“Kalau beberapa waktu lalu terjadi curanmor, itu tidak ada kaitannya dengan pemadaman lampu penerangan jalan. Karena terjadi pukul 12.30 WIB atau siang hari,” ujarnya.

Wali Kota Malang Sutiaji menambahkan, bahwa kebijakan pemadaman lampu jalan sebagai upaya mendisiplinkan masyarakat agar tidak melakukan kerumunan. Karena titik lokasi pemadaman dipilih, memiliki potensi sebagai warga berkerumun.

“Kita sudah lakukan evaluasi, titik-titik yang dipadamkan adalah titik yang membuat kerumunan orang banyak. Tujuannya, agar masyarakat taat dan disiplin protokol kesehatan,” imbuh Sutiaji terpisah.

Sutiaji mengimbau kepada masyarakat tidak terpengaruh berita bohong soal pemadaman lampu jalan. Seperti adanya pengakuan seseorang mengalami kecelakaan lalu lintas, padahal yang disampaikan ternyata hoaks.

“Kami minta masyarakat tidak mudah percaya dan terprovokasi dengan berita hoaks. Bukan hanya soal pengakuan kecelakaan lalu lintas yang ternyata bohong. Tetapi juga soal isu curanmor, hasil koordinasi dengan kepolisian, tak terjadi di saat pemadaman lampu jalan,” tegas Sutiaji.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here