KPK Dalami Proses Hibah Tanah di Kasus Rachmat Yasin ke Sekda Bogor

0
10
Gedung KPK (Foto: Ari Saputra)

Farih Maulana Sidik – detikNews

Senin, 12 Okt 2020 19:15 WIB

Jakarta – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin, memenuhi panggilan KPK untuk diperiksa di kasus dugaan pemotongan anggaran dan gratifikasi yang menjerat mantan Bupati Bogor, Rachmat Yasin. KPK mendalami soal proses hibah tanah dalam pemeriksaan Burhanudin sebagai saksi.

“Burhanudin dikonfirmasi oleh penyidik mengenai adanya dugaan proses hibah tanah untuk tersangka RY (Rachmat Yasin),” kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri, kepada wartawan, Senin (12/10/2020).

Burhanudin pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Tata Ruang dan Pertanahan Kabupaten Bogor periode 2009-2014. KPK juga mendalami terkait dugaan adanya proses hibah tanah terhadap seorang wiraswasta/pengelola pesantren, HMN Lesmana.https://3156da1d808541d7f46800a980854357.safeframe.googlesyndication.com/safeframe/1-0-37/html/container.html

Selain itu, KPK juga melakukan pemeriksaan terhadap Sekretaris Dinas Pendapatan Daerah, Estantoni Kasno, dan Kasubag Keuangan BPBD Kabupaten Bogor, Syarif Hidayat. Terhadap keduanya, KPK mendalami terkait dugaan adanya pemotongan dana yang dikumpulkan untuk diberikan kepada Yasin.

Rachmat Yasin merupakan mantan Bupati Bogor yang ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK dalam dua kasus dugaan korupsi. Pada kasus pertama, Rachmat Yasin diduga menyunat anggaran SKPD senilai Rp 8,9 miliar untuk keperluannya, termasuk kampanye pada Pilkada 2013 dan Pileg 2014.

Kasus kedua, Rachmat Yasin diduga menerima gratifikasi berupa 20 hektare lahan dan mobil Toyota Vellfire. Gratifikasi berupa lahan diduga diterima Rachmat Yasin terkait pengurusan izin pesantren di kawasan Jonggol. Sedangkan gratifikasi mobil diduga diterima Rachmat Yasin dari seorang pengusaha.

Ini kedua kalinya Rachmat Yasin ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. Dia sebelumnya dipenjara 5,5 tahun karena terbukti menerima suap dalam kasus alih fungsi hutan di Kabupaten Bogor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here