KGPAA Mangkunegara IX, Anak Lelaki Kedua yang Ditakdirkan Naik Tahta

0
26
KGPAA Mangkunegara IX. (Foto: @puromangkunegaran)

Bayu Ardi Isnanto – detikNews

Jumat, 13 Agu 2021 10:32 WIB

Solo – Tanggal 24 Januari 1988 atau 4 Jumadilakhir 1920 menjadi lembaran baru bagi Pura Mangkunegaran, Solo. KGPH Sudjiwo Kusumo saat itu resmi dinobatkan sebagai pemimpin Pura Mangkunegaran dengan gelar KGPAA Mangkunegara IX.

Gusti Jiwo, demikian dia akrab disapa di kala muda, sebetulnya bukanlah anak laki-laki pertama dari KGPAA Mangkunegara VIII. Pria yang lahir di Solo, 18 Agustus 1951 ini merupakan anak laki-laki kedua.

Kakaknya, GPH Radityo, atau yang kemudian bergelar KPA Prabu Kusumo meninggal dunia di usia muda dalam sebuah kecelakaan lalu lintas. Selanjutnya, Gusti Jiwo menggantikan kakaknya menjadi putra mahkota pada usia 37 tahun.

“Kakaknya meninggal dunia dalam kecelakaan sehingga digantikan oleh Gusti Jiwo. Kecelakaan itu tahun 1977 di Boyolali,” kata Ketua Himpunan Kerabat Mangkunegaran (HKMN), Satyotomo, saat dihubungi detikcom, Jumat (13/8/2021).

Gusti Jiwo merupakan pemimpin Mangkunegaran yang memimpin di era kemerdekaan ketika hak swapraja. Sedangkan ayahnya, Sri Paduka Mangkunegara VIII, adalah pemimpin dinasti Mangkunegaran yang masih mengalami memerintah kadipaten otonom tersebut pada zaman kolonial Belanda maupun Jepang.

Gusti Jiwo dinobatkan sebagai raja setahun setelah sang ayah mangkat. Seperti para pendahulunya, selama menjadi pemimpin Pura Mangkunegaran, Sri Mangkunegara IX menunjukkan kepedulian kuat terhadap pelestarian dan pengembangan budaya tradisi.

Satyotomo yang sempat menjalani masa kecil bersamanya, mengungkap Gusti Jiwo merupakan sosok sangat ramah. Gusti Jiwo tidak pernah merasa dirinya sebagai putra bangsawan.

“Beliau sama seperti anak muda pada umumnya. Tidak membeda-bedakan,” ujar dia.

Sri Paduka KGPAA Mangkunegara IX wafat dini hari tadi di Jakarta, Saat ini jenazahnya sedang dalam perjalanan darat menuju ke Solo untuk terlebih dulu disemayaman disemayamkan di Pura Mangkunegaran, Solo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here