Keluhan Bau Busuk di Sepanjang Jalan Yogya-Solo Klaten, Ini Asalnya

0
26

Achmad Syauqi – detikNews

Rabu, 11 Agu 2021 09:19 WIB

Klaten – Warga beberapa desa di sepanjang tepi jalan Yogya-Solo, Kecamatan Delanggu, Kecamatan Ceper dan Juwiring, Klaten, Jawa Tengah, mengeluhkan bau busuk menyengat. Bau menyengat menyerupai gas LPG bocor itu tercium sejak Selasa (10/8) siang.

“Katanya mulai tercium Selasa siang. Tapi saya belum di rumah waktu itu tapi sampai sore dan malam semakin menyengat saat saya pulang,” ungkap warga Dusun Kepoh, Desa Bowan, Kecamatan Delanggu, Sri Widodo kepada detikcom, Rabu (11/8/2021) pagi.

Sri Widodo mengatakan bau tersebut sangat menyengat di beberapa titik lokasi. Bahkan ada warga yang merasa pusing setelah mencium bau tersebut. “Di sekitar traffic light (lampu merah) Kepoh bau menyengat bahkan sampai ada yang pusing. Tidak tahu itu bau apa, tapi baunya mirip bau gas,” terang Sri Widodo.

Dari rumahnya, imbuh Widodo, bau busuk tidak begitu menyengat. Tapi mulai dari simpang tiga pohon beringin Desa Kuncen, Kecamatan Ceper sampai simpang Kepoh, Kecamatan Delanggu sangat terasa.

Baunya, sebut Widodo, semacam zat kimia yang tidak enak. Selasa pukul 22.30 WIB saat dirinya lewat sangat terasa di antara dua wilayah itu.

“Semalam sekitar jam 22.30 WIB saya lewat di situ, (kaca) mobil saya buka sebentar baunya terasa menyengat antara Ceper dan Delanggu. Pagi ini masih ada, naik turun, warga khawatir berdampak pada kesehatan,” pungkas Widodo.

Rivai, warga lain, mengatakan bau busuk tersebut juga dikeluhkan warga di beberapa desa di Kecamatan Juwiring. Warga sempat ketakutan gas rumahnya bocor.

“Warga yang lapor ke saya ada dari Mrisen, Pundungan, Bakungan dan desa lain di Kecamatan Juwiring. Sempat dikira gas LPG di rumah sehingga gas rumah dibawa keluar karena takut,” jelas Rivai kepada detikcom.

Munculnya aroma menyengat itu juga viral di medsos. Di beberapa grup Facebook, Twitter dan Instagram banyak warga bertanya bau tersebut.

Area ceper-penggung-delanggu bau gas bocor busuk…! enten sing ngertos mboten asal bau saking pundi gih..??,” tulis akun Facebook Wilshere Izband di grup info seputar Klaten (ISK).

Di grup yang sama akun Basuki Santosa memposting kalimat, “Sugeng soten poro sedulur, derek pirso nopo daerah sekitar kepoh terasa bau gas yg luar biasa, mohon komennya. Terasa mengganggu masayarat, bisa sampai muntah. Mohon di loloskan admin”.

Di Instagram admin grup kabar _klaten memposting pertanyaan serupa tapi di Desa Tlobong, Kecamatan Delanggu. “Sekitar Tlobong Delanggu ada bau gas, ada yang mengalami ?”

Di Twitter akun Rudy @rdytp menuliskan di grup @kabar_klaten dengan kalimat, “satu desa tlobong delanggu mencium bau gas dari luar rumah lur, mungkin juga dirasakan oleh desa lain , mohon infonya lur“.

Kasat Intelkam Polres Klaten AKP Panaji Suryo Saputro saat dikonfirmasi mengatakan Selasa malam penyelidikan langsung dilakukan. Bau busuk tersebut ternyata dari zat kimia pabrik.

‘”Hasil penyelidikan bau itu dari drum-drum di sebuah perusahaan pengecoran logam sekitar lokasi. Akan dievakuasi,” ungkap Panaji Suryo kepada detikcom lewat pesan ponselnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here