Kabupaten Madiun Zona Merah, Ada Posko Covid-19 di Terminal dan Stasiun

0
37
Posko Covid-19 di Madiun/Foto: Istimewa

Sugeng Harianto – detikNews

Kamis, 02 Apr 2020 07:48 WIB

Madiun – Kabupaten Madiun dinyatakan sebagai zona merah corona. Posko covid-19 dirikan di stasiun dan terminal Caruban untuk memantau kesehatan pemudik.

“Ini merupakan kegiatan penanganan dan penanggulangan penyebaran covid-19 untuk para pemudik di Stasiun dan Terminal Bus Caruban. Mengingat kabupaten Madiun masuk zona merah, sudah ada satu pasien positif corona,” ujar Kapolres Madiun AKBP Eddwi Kurniyanto kepada wartawan di Terminal Caruban, Rabu (1/4/2020).

Kegiatan yang dilakukan di posko covid-19, kata Eddwi, tiap personel baik Polri, TNI dan tim kesehatan melaksanakan pengecekan terhadap penumpang. Baik yang berangkat dan tiba di Terminal dan Stasiun Caruban. Pengemudi bus juga menjalani pengecekan kesehatan.

“Kita lakukan cek kesehatan semua penumpang bus yang naik dan turun di Terminal Caruban, serta di Stasiun Caruban. Semua tidak boleh lolos termasuk kru busnya,” kata Eddwi.

Eddwi mengungkapkan, pada intinya setiap posko covid-19 diwajibkan untuk memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat terkait bahaya penyebaran virus corona. Semua petugas yang sedang melaksanakan dinas di Terminal dan Stasiun Caruban agar mengurangi aktivitas di luar ruangan. Itu guna meminimalisir penyebaran virus covid-19.

Dalam pembuatan posko covid-19, polisi menggandeng Pemkab Madiun melalui Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan serta Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. Data yang dihimpun detikcom, saat ini ada satu warga yang positif corona di Kabupaten Madiun. Kemudian ada 378 Orang Dalam Risiko (ODR), 88 Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan tiga Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here